Mencari Cinta-Nya

I have face it, life wasted, i am never going back again

Apa itu Sahabat?

Posted by aricloud pada November 1, 2008

Apa itu sahabat?
Sebagian besar orang akan menjawab “sahabat adalah orang yang menyayangi kita, orang yang bisa memahami kita, orang yang senantiasa hadir saat kita membutuhkan, mau berbagi, orang yang mau mendengar keluh kesah kita, orang yang mau bersahabat dengan kita apa adanya, yang mendekat saat seluruh dunia menjauh, dan sebagainya…”

Pengertian ini tentu sudah lazim kita dengar dari kebanyakan orang, namun tahukah anda, ternyata pengertian sahabat seharusnya tidaklah seegois itu. Mengapa saya menyebut pengertian di atas sebagai pengertian yang egois?
Sebab pengertian tersebut hanya terpusat pada diri kita sendiri, yaitu “untuk kita” tadi.

Pada suatu ketika saya bertanya kepada sahabat saya Kang Zen El Fuad lewat SMS :
Apa itu pengertian sahabat menurut Kang Zen?

Kemudian Kang Zen menjawab kira-kira begini :

“Sahabat adalah orang yang dimana saya merasa senang kalau dapat memberi sesuatu kepadanya.”

Saya pun tersenyum dengan jawabannya itu. Itu adalah jawaban pertama yang saya dengar dari orang lain tentang pengertian “sahabat” yang tulus dan tidak egois.

Oleh karena itu kemudian saya merumuskan, bahwa menurut saya lebih tepat pengertian sahabat adalah :

“Orang yang kita sayangi,… orang yang selalu ingin kita do’akan,..orang yang ingin kita pahami lebih dalam, orang yang ingin kita bagi ketika kita senang, dan tidak ingin kita bebani ketika sulit, dan manakala ia kesepian dan merasa seluruh dunia menjauh darinya, maka kita katakan : Sahabatku…sungguh seluruh dunia tidak pernah menjauh darimu, justru kitalah yang menjauh dari mereka, marilah kita sambut mereka, berbagilah untuk mereka, mari dengarkan impian mereka, sambutlah tawa mereka, hapuskan tangis mereka, karena kita adalah “cinta”.”

About these ads

79 Tanggapan to “Apa itu Sahabat?”

  1. Supermance berkata

    hore pertamax ! :)

    sahabat ? hmm, gw punya sahabat, saking sayangnya gw manggil di ‘mam’ dia manggil gw ‘pap’, hehe, tp 3 bulan lg dia nikah, sedih dan bahagia untuknya, hehehe

  2. Lulu berkata

    Yah,menurut w tanggapan lw benar juga

  3. .A

  4. Dono. berkata

    Ass.wr.wb,pak Ari.
    Apa itu sahabat?
    Kalau kita berteman dengan dia, mengingati kita akan akhirat, itulah sahabat yg sebenarnya.

    Wassalam.

  5. antik berkata

    waallaikummussallam..

    Sahabat??!! Ehm sahabat menurut saya adalah dimana saya dapat menemukan keseimbangan… Artinya : saya mencintai dan dicintainya, mendengar dan didengarkannya, mendoa’kan dan didoakannya… dst

    Bisakah kita bersahabat?? Add me : antic2304@yahoo.com

    • jhunt jun berkata

      lau menurut q sahabat adlh seseorang yang mengerti dan ngertiin keadaan yang qt rasakan…misalnya lau sahabat nya sedih qt simpati sedih lau ia senang qt ikut senang intinya saling mengerti ,..

  6. Anton berkata

    Kalo teman dekat apa bedanya…???
    Kasihan tuh nasib suami or istri….
    Tolong di info…

  7. saya secret berkata

    kalau nak tahu kalau rasa ditnggal sahabat amatlah pedih sekali

  8. Greace berkata

    kalo menurut Q sahabat it , org yg bisa saling mengerti dan memahami satu ama laen, n mo berkorban dengan tulus.
    tapi….. nie ga jauh beda lo….. am `cinta`

    • hamzz berkata

      ya betul emang sahabat itu biyasanya lebih mengerti perasaan apa yang sekarang di rasakan karna sahabat itu takkan hancur dan takkan hilang tuk selamanya

  9. vivi berkata

    sy punya shbat tpi sy rsa shbt ku itu hnya memanfaatkan ku…,
    gimana sih cra buat tau ini shbat yg bnar2 pgen shbtan ma qta cra tulus ato hnya memanfaatkan kita??

  10. Anonymous berkata

    sahabat itu mank gga bisa di gantiin oleh appa punt ,,
    sahabat jgga susah di cari ..

    jddi jggan sekali” u niggalin sahabat ..
    py kalo sahabat’a gga bisa ngertiin u tinggalin jja . trus cari yang lain ..
    munggkin masih adda yang lbih baiq dari sahabat u yang lmma ..

    see ..

  11. ainur berkata

    AQ PUX TMN DL DY SLALU M AQ TP SEMENJAK DA ORNG LAIN
    KINI DY JD MENJAUH DR AQ…. PA YG HRS AQ LAKUKAN YA?

  12. ainur berkata

    AQ PUX TMN DL DY SLALU M AQ TP SEMENJAK DA ORNG LAIN
    KINI DY JD MENJAUH DR AQ…. PA YG HRS AQ LAKUKAN YA?
    PA DY MANK BNR SHBTQ PA BKN>

    • rizasofiajalial berkata

      lok dia meningalin kamu tampa jelas dan kamu tidak tau pa sebab dia meningalin kamu lebih baik kamu cari sahabat yang lain. sahabat itu seperti pacar lo. cari sahabat yang sejati tuw kan susuah amat dan sama halnya dengan mencari pacar.

      • dhee_ryhenddla berkata

        bener sih kata kamu, seharusnya tinggalian aja sahabat yang ninggalin qta. soal nya aku juga prnah di tinggalin sahabat, tpi aku terlanjur sayang ama sahabt ku yang satu ini sehingga sulit untuk melupakannya..ada saran gakk ap yg hrus ku lakukn law keadaan ny udh kyk gni??

      • Anonymous berkata

        ak jg pernah ngrsain sama kyk km blng, ya krena ak trlanjur sayang ama sahabatku hingga sulit nglupain sahabat ak itu, y crtanya memang berbeda inimah mlah ak ninggalin sahabat ak sndri y cm dngan ke’goisan ak sndri, ak nyesel banget!!! ku rsa hnya dia aj yg mmpu ngrti’n ak dn bs jdi tmen ak yg pling tulus, tpi sayang ak mlah nyia nyia’n dia, ak gak tahu ap ad lg orng yg sperti dia :(, tpi yg menyakitkan lg buat ak dia jdi gak inget ama ak dn ak lhat dia udh bhgia brsama shabt brunya, bner dech ak gak bs nglupain peristiwa2 ygpernah ak lwati brsam dia, ak harus gimana ya????

  13. Cinta Raga Suci berkata

    Aq pux shbat tp dia dah pux cwek. Cwekx itu cmburuan jd qta shbatanx smbunyi2. Jd kesanx kyak slingkuh. Pdahal qta bner2 shbatan. Kpan ya aq ma dia bsa te2p brsahabat tnpa smbunyi2?

  14. Muflih berkata

    terima kacih atas pengertianx..
    gw jd terkesan….:D

  15. Rachel berkata

    A friend still providing personal space, privacy as a human being. And we’ll taste deket with him despite ga ga met and the contacts in a long time. Because friendship is basically the heart of the bond. Ga would ilang memisahakan despite our distance dimension. We must mengkui ga somehow we can eliminate him from our hearts. And without friends, we ga be like this now.

  16. shilla berkata

    SAHABAT?
    bg sy…seseorang yang sntiasa dpt menerima kita tika kita brada dlm kesusahan,kesenangan….sahabat…seorang yang sentiasa mengingati kta…sahabat…seorang yang berharga dalam hidup kita….

  17. Eko Cahyono berkata

    menurut saya SAHABAT itu adalah seorang teman yang mengerti perasaan kita baik pada saat kita sedih maupun senang, dan juga dapat mangerti keadan kita ketika dalam kesusahan.

  18. tommy berkata

    Sebenarx menurut pengertian sahabat yg pernah saya rasakan adalah, seorang yg mengerti semua ke adaan kita baik itu dalm batin kita, yg slalu iklas bertemn dengn kita tidak memanfaatkan kita,dan yg dimana saat kita meliht sahabat kita bermain dgn orng lain kita merasakan perasaan cemburu,sert ingn slalu bermain dgn dy d setiap waktu, seperti pcr kt, setau q pacar dan sahabt sejati itu setara,dy yg slalu menemani kita berd d saat kita sdh tau pun senang, dan yg mau ikut merskan penderitaan yg sdng kt alami dan bhkn mau membnt kt untk mencr jln keluarx bersama2.
    menurut q, sahabat sejt itu tidak mudah untuk mendapatkanx, d setiap kt merskn bahwa seseorng dr temn kt adlh shbt kt, past da jg perbedaan yg bahkan membuat kt jauh dr dy.
    sahabat sejt itu jg buta sama seperti cinta, tidak melihat jelek, bagus, muda, tua tau pun cacat, jika kt merasakan filling bahwa dy cocok dgn kt, past dy kan jd sahabt kita, dan bahkan jika kt bersahabt dgn berlain jenis, sahabt itu akan berubah menjad CINTA, beda dgn sahbt yg sesm jenis dy kan menjad shbt sejt….
    klo blh jujur, q inginnnn…. sekali, jika q prg lbh dulu dr sahabt q, Q ingin sekl makam q dgn dy brd berdktn.

  19. whiti berkata

    Mnrut’Qw sAhabat aDlh oRg eAnk mEmbriKan Qta sUpOrt,,eAnk bZ mEngrti Qt pa Da’nya,,eAnk tDk pndaNg bLu kYa Or mIskin.. jDi syng lAh dy sprt kw mEnyayangi drmu..

    • rizasofiajalial berkata

      lok menurut q sahabat adalah orang yang senan tiasa membantu kita dalam susah maupun duka. sahabat tuuuuuuuuuu………….. tidak pernah meminta imbalan papun dari kita. sebaiknya buatlah sahabat yang baik dan yang tulus dari hati kita masing-masing dan jangan buat sahabat itu merasa tersakiti oleh kita.

  20. nur afifah berkata

    hmm…saye anggaap someone ni sahabat…dye pon same…tapi kteorg salu gado..he2..ape makne nye 2???

  21. miina berkata

    sahabat adl kbtuhan jiwa yg mndapatkan imbangan . dialah ladang hati yg dgn ksih kau petik buah nya dgn rsa terima ksih . dialah naungan sejuk keteduhan mu yg kau dtangi saat hti mmbtuhkan kdamaian ( kahlil gibran )

  22. fanny suandari berkata

    kata orang
    ” sahabat baik mengingat hari ulang tahun sahabat nya tapi lupa berapa umur kita ”
    “sahabat adalah keluarga yang kita pilih sendiri untuk diri kita “

  23. abhimata berkata

    hahaha tp kenapa ya kadang itu smw enggak awet?? kayak musiman gitu…
    kalau pas lagi deket ya deket tapi kalau kebentur libur panjang apakondisi apa gitu kita mesti jadi jauh lagi, trus canggung kalau mw mulai deket lg.. knp ya?

  24. sang pangeran berkata

    huft

  25. Arminewbie berkata

    dr tnggapan2 kalian, sprtix sy bukan ciri2 sahabat yg baik buat dy..! :)

  26. DOX BIER berkata

    bagiQ Shabat adalah yg bs ngerti kita, mau berbagi ama kita, mau menerima kt apa adax, tdk memandang segi kaya a/ miskin.

    Balas

  27. eAng Slalu terSaKiTie oleh Sahabat berkata

    SAHABAT itu menurut Q seseorang yang seharusnya ada saat situasi sulit maupun menyenangkan., menurut Q SAHABAT TU EMANG segala galanya,,,,,tapi sayangnya dari dulu saat q berbagi semuanya dengan sahabat namun tinta hitam yang Q dapat kan!! terkadang sahabt itu menyakitkan!! tapi jika Memang dia menganggap kita saat dy sedang tak dianggap adda oleh yang lain,, apakah itu sahabat?????,,sahabat bisa berubah saat rasa iri datang,,ada sahabat yang pergi dan menjauh saat sahabatnya sendiri lebih unggul darinya. dan saat itulah iri dan benci datang,, lalu dy gunakan segala cara untuk menyaingi sahabatnya sendiri,,dan tentunya dengan cara yang tidak sportive!!!!!

  28. fendi kurniawan berkata

    setelah q baca…..
    berarti dy emang shabt sjati q…..
    aduhh…… senengnya……

  29. nur chamid berkata

    memang banyak orang berkata seperti itu, akan tetapi….. bagi aq ma sahabat sahabatku bukanlah itu…… yang dimaksud dg sahabat ialah sebuah pertemanan yang lebih dari satu orang dan didalam pertemanan tersebut tidak pernah ada permusuhan diantara mereka. yang mereka kerjakan hanyalah saling mengerti dan berusaha untuk jadi yang terbaik …. mungkin itu yang qw namakan persahabatan.

  30. Qaisa Putri berkata

    sahabat adlh mentari yg sllu mnyinari

  31. inggrid berkata

    gw pnya sahabat cwo w udh sahabatan 2 tahun tapi w sedih banget pas dia begitu ajah tinggalin w tanpa sebab

    • Anonymous berkata

      sama,,sahabat ane jg cwo,,,yg bkin ilfil itu keegoisan na,,ane seneng klo dy pnya pcr,,nah giliran ane yg pnya pcr,,dy na malah protes,,,

  32. Magic berkata

    Menurut pglaman sy, shbt itu ibarat angin, d saat kita kpanasan dia bisa jd kipas, hek3x yey

  33. LET'S BE FRIENDS berkata

    Assalammu’alaikum……..
    SAHABAT yah……
    sahabat itu memang hampir mirip dengan seorang kekasih
    tapi menurutku sahabat itu lebih berarti daripada seorang kekasih. kategori RANKING orang yg aku sayangi: 1. ibu, 2. ayah, 3. saudara kandungku, 4. SAHABAT, 5. KEKASIH, 6. dan lain-lain
    tapi mengapa terkadang SAHABAT itu membuat kita SAKIT ???????
    padahal aku telah berusaha memahami SAHABATKU itu
    pada akhirnya kepercayaanku hilang pada SAHABATKU
    IBUKU pernah bilang, kaau ZAMAN SEKARANG gak ada yang namanya SAHABAT SEJATI…..
    aku tertegun ibuku bisa bilang seperti itu, dan aku memikirkan kata-kata beliau..
    memang benar adanya, sekarang tak ada yang namnya SAHABAT SEJATI….
    tapi, aku tak mengatakan aku tak ingin berSAHABAT, aku ingiiiiiin sekali….

    • Anonymous berkata

      sama gue juga pengggennnnnnnnnnnnnnn bangettttttttttttttttttt punyaa shbt sejatiii piii gagg adda didunia nh ………..yg ada pengkhianat

  34. Sahabat adalh org yg senantiasa mengajak kita pada kebaikan.

  35. V_End berkata

    sahabat itu lebih dari seorang kekasih . . .
    kalau ada mantan kekasih . . .
    Apakah ada mantan SAHABAT . . . ???

    • jhunt jun berkata

      tidak ,…
      karena sahabat yang benar tu tdk ada kata putusnya ,…tdk seperti pacar m_ _ _ _ t

      • dhee_ryhenddla berkata

        berarti, shbt yang aq shbt yg skarng ninggali aq dan tak pdli ama aq lgi bsa d ktkan bkan shbt dongg..tlng komen ny

  36. Alya berkata

    Sahabat adalah sumber mata air di padang liar. Jangan pernah siakan sahabatmu, karena sahabat hanya ada sekali dalam seumur hidup.

  37. dhee_ryhenddla berkata

    menrt anda bagai mna mngthui bhwa dia shbt sejti qta….??

  38. Egi berkata

    Adakah mantan sahabat ??

  39. pipit berkata

    sahabat!!!!! susah klo kita harus mengartikan kata sahabat…
    shbt tuch cm ungkpn pada seseorang dan kita sndr yg mrskan…ya seperti kata pacaran susah diartikan..

  40. Ano berkata

    Sahabat adalah seperti cermin. Ketika kita melihatnya maka yang terlihat adalah diri kita sendiri. Pusing? Pegangan trus minnum obat!!!

  41. Anonymous berkata

    sahabat adalah anugrah terindah yang diberikan oleh tuhan, mengapa? karna ia adalah sosok yang mengerti dan memahami kita saat senang maupun sedih,

  42. Anonymous berkata

    Seorang sahabat menaruh kasih setiap waktu dan menjadi seorang saudara dalam kesukaran.

  43. Thisye berkata

    Seorang sahabat menaruh kasih setiap waktu dan menjadi seorang saudara dalam kesukaran.

    • Kervin berkata

      Sahabat sejati tidak akan peduli seberapa waktu yang telah terlewatinya dengan sahabat yang disayanginya. Dan tak pernah menuntut akan waktu yang telah terlewati untuk menemaninya kembali kepadanya….

  44. kadang sahabat membuat saya senang , tapi kadang membuat saya sangat sedihh :(

  45. Gue suka pengertian sahabat postingan loE bro

  46. Rommy Fernando berkata

    Bagi saya Persahabatan Itu sangat berarti dalam hidup kita.tks

  47. clara berkata

    menurut saya sahabat yang terbaik adalah keluarga…bukan yang lain nya…karena jika orang lain bisa menghianati kita sendiri.jika keluarga tidak pernah mneyakiti perasaan kita…

  48. dhewy berkata

    tapi bgmn jika sahabt it menjauh dr kita tanpa qt tau sebabx…
    Tp ak teruz mencb bertanya pd sahabatQ kenapa kalian menjauh dari aku,aku seperti orang asing bagimu..
    Ap it yg namax sahabat..??

  49. nuryaniazzahwa berkata

    bagiku sahabat adalah orang terpenting dalam masalahku, karena dimana kita ada masalah sahabat selalu datang tepat waktu untuk menghibur kita…………………
    sahabat sejati, adalah sahabat yang tidak akan pernah mau menyakiti sahabat nya….
    dulu aku juga pernah merasakan kalau sahabat itu penipu,.
    tapi sekarang aku mulai menyadari jika sahabat satu dan sahabat yanglainnya itu berbeda,,,
    mungkin dulu aku punya sahabat penipu tapi sekarang aku mempunyai sahabat baru yang begit baik,dan selalu ada dalam suka atau duka

    • nurhana berkata

      tapi , bagiku sahabat itu munafik ………………..
      memang di dunia ini orang yang wajib kita sayang dan orang yang wajib kita cinta hanyalah keluarga………………..
      TIDAK ADA YANG LAIN
      ;oD

  50. Thya berkata

    Thank’s yah,
    krn tulisan qm ini dah memberikan aku motivasi,
    dan menjelaskan aku apa thu arti sahabat sesungguhnya. ;)

  51. Vinanda berkata

    Sahabat bagiku adlh yg tak pernah melupakan n terlupakan mzki berjauhan, bz saling memahami, emmm, semua’y dch pokok’y. .. n lbh berarti dari pada pacar…….. cz dlm persahabatn ga da istilah putus..

  52. 123456789de berkata

    sahabat bagiQ adlah orang yg clalu ad sa_at qta susah maupun senang.,
    pie apakah ad sahabat jadi penghianat…….

  53. Raka Aprilian berkata

    menurut gue sahabat itu orang yang setia mendampingi kita,, mau dalam keadaan duka ataupun dalam keadaan suka ….
    hihihihiiii ….

  54. hardikusuma berkata

    Sahabat kecilku,masihkah kau ingat aku

  55. Fina Safina berkata

    sahabat adalah degupan jantung untuk aku :)

  56. irwana berkata

    hmmmm shbat itu sma aja dgan tman yg lain munafik

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: