Mencari Cinta-Nya

I have face it, life wasted, i am never going back again

Ketindihan = Sleep Paralysis ?

Posted by aricloud pada Agustus 2, 2007

Pernahkah anda mengalami “Ketindihan”?
Pernahkah anda tidur, kemudian anda merasa terjaga dari tidur namun tidak memiliki kemampuan untuk bergerak? Itulah “Ketindihan” (menurut kebanyakan orang).
Ketindihan adalah kata yang seringkali diungkapkan untuk menganalogikan suatu keadaan ketidakmampuan bergerak atau ketidakmampuan kontrol terhadap otot-otot tubuhnya pada saat terjaga (atau merasa terjaga) dari tidur.
Kebanyakan orang menghubungkan kejadian tersebut dengan gangguan Jin namun sebagian lagi hanya menghubungkannya dengan sirkulasi darah yang tidak teratur akibat salah posisi dalam tidur.
Bagi para ahli kedokteran dan psikologi kejadian ini mereka sebut dengan “Sleep Paralysis”.
“Sleep Paralysis” memiliki gejala-gejala sebagai berikut :
1. Ketidakmampuan menggerakkan tubuh dan otot saat tidur atau terjaga dari tidur.
2. Kadangkala disertai halusinasi dan kejadian seperti mimpi.
3. Kadangkala terjadi beberapa kali atau berulangkali dalam satu periode tidur.

Apakah Berbahaya?
Ketindihan awalnya seringkali dihubungkan dengan ”narcolepsy”. Kondisi neurologik dimana seseorang tidak mampu mengontrol tubuhnya saat tidur dan kadangkala bergerak dengan sendirinya. Akan tetapi kemudian muncul klaim bahwa Ketindihan (Sleep Paralysis) juga terjadi pada orang yang tidak memiliki kasus ”narcolepsy”. Walaupun sebagian orang merasa khawatir dan takut saat kejadian, namun menurut para Ahli hal ini tidaklah membahayakan.

Pada beberapa kasus, seseorang merasa ada orang lain bersamanya, atau ada orang duduk disampingnya atau yang menekan dan menindihnya. Bahkan sebagian orang melaporkan ada makhluk berbaju hitam dan rambut gondrong berada didekatnya (Nah lho..!)

Penelitian Stanford menunjukkan bahwa :
1. Beberapa orang yang memiilki kebiasaan tidur tidak teratur seringkali mengalami ”Sleep Paralysis”.
2. Sebuah study menunjukkan bahwa 35% orang yang biasa mengalami ”Sleep Paralysis” juga kadangkala mengalami     kepanikan saat bangun tidur atau terjaga baik akibat mimpi ataupun kebisingan.
3. 16% orang yang biasa mengalami ”Sleep Paralysis” juga terbukti mudah panik. (presentasenya tidak cukup kuat     untuk dihubungkan memang…)

Bagaimana mencegahnya ?

Pencegahan ketindihan dapat dimulai dengan mengatur pola tidur yang sehat, antara lain :
1. Tidur yang cukup, tidak berlebihan.
2. Hindari tidur di waktu pagi dan sore.
3. Olahraga teratur (hindari waktu olahraga yang berdekatan dengan waktu tidur)
4. Kurangi stress
5. Tidur dengan waktu yang teratur

Pengalaman saya?
Saya sendiri sempat beberapa kali mengalami ’ketindihan’. Biasanya saya mengalami itu saat saya sedang kelelahan dan tidur diwaktu pagi atau ashar (Dalam Islam, tidur di waktu sebelum dhuha dan Ashar tidak dianjurkan, dan dihukumkan ‘makruh’). Namun berdasarkan pengalaman saya, saya menyimpulkan bahwa ketindihan itu hanyalah halusinasi atau mimpi, terlepas dari apakah mimpi itu akibat gangguan jin atau bukan.
Hal ini saya sadari saat saya mengalami ’ketindihan’ dimana saya merasa terbangun namun tidak mampu bergerak dan berkata. Saya merasa cuma mata saya yang mampu terbuka kemudian melihat meja di samping tepat tidur saya, dan seperti biasanya di meja tersebut ada kotak tisu. Kemudian dengan sedikit rasa takut saya berdzikir semampu saya dalam hati. Kemudian saya dikagetkan oleh guncangan di tubuh saya. Kemudian terbangun dan mendapati Istri saya tengah membangunkan saya.

Saat terbangun saya tersadar bahwa mata saya terbuka dari menutup. Maksudnya, walaupun saat ketindihan saya merasa mata saya terbuka, kenyataannya tidak. Mata saya baru terbuka beneran saat istri saya membangunkan.
Dan yang lebih jelas lagi, di meja yang saya lihat saat ketindihan ada kotak tisu, ternyata saat saya bangun kotak tisunya sudah tidak ada!. Ternyata istri saya memindahkan kotak tisu tersebut ke ruang tamu saat saya tidur.

Hal-hal tersebut memberi saya kesimpulan bahwa “Ketindihan” sebenarnya hanyalah salah satu episode dari ‘mimpi’. Gambaran nyata yang terjadi saat ketindihan sebenarnya hanyalah “memory image” dari ingatan sebelumnya di otak. Seperti image tentang ruangan kamar yang sebenarnya tidak benar-benar kita lihat, tapi hanya gambaran ingatan di otak.

Bagaimana dengan pengalaman Anda?

62 Tanggapan to “Ketindihan = Sleep Paralysis ?”

  1. eddie bronx said

    oo..jadi namanya ketindihan ya? emang sih serasa ada yang nindihin. gue dulu pernah beberapa kali ngalamin di kos-an pas masih kuliah. Tapi sukurnya gak ada acara orang baju item rambut gondrong pula.. tapi emang rasanya ketindihan itu kayak beneran alias bukan ngimpi deh… kecuali kalo lu-lu pade ketindihan trus disamping lu tiba-tiba ada Dian Sastro ato Titi Kamal, sumpe deh..ITU PASTI MIMPI..ITU PASTI MIMPI !!! wakakak

  2. Anonim said

    Assalamu’alaikum
    Nambahin mas aricloud untuk tips tidurnya :
    1. sunnah sebelum tidur untuk berwudhu.
    2. Berdo”a dulu dong sebelum tidur
    3. Kalo ketindihan pas tidur, anggap aja mimpi buruk, trus pas terjaga ambil wudhu lagi dan sebaiknya kalo mau tidur lagi ambil posisi yang berbeda dari posisi tidur sebelumnya.

    moga manfaat

  3. aricloud said

    wa’alaikumsalam
    makasih mas anonim
    yup..penjelasan mas memang menjadi bagian dari yang disunnahkan Rasulullah saw.
    insya Allah sangat bermanfaat

  4. melinuxid said

    ya, mmg..ketindihan itu sebenarnya, mekanisme tubuh
    untuk mengistirahatkan organ organ..
    sehingga pada waktu tidur, kita bener bener relax.
    namun krena adanya faktor faktor seperti :
    capek, stress dll..mengakibatkan mekanisme tubuh jadinya gak sinkron.
    Jadi kita masih sadar namun otak menyuruh ‘shut down’ tubuh, akibatnya kita masih blum tidur, tapi sudah ‘lumpuh’.

  5. zensudarno said

    Assalamu’alaikum akhee…

    Alhamdulillah kayaknya untuk kasus/kejadian persis seperti itu, saya blm pernah mengalaminya. Kalaupun pernah, ceritanya agak berbeda dan sepertinya tdk cocok disebut sleep paralysis karena kejadiannya bukan dalam keadaan saya sedang tidur melainkan saat menjelang saya berangkat ke sekolah (SD kelas 2). Saat itu, menjelang berangkat sekolah dengan berseragam lengkap dan mulai berjalan tiba2 saya ambruk tdk bs bergerak sama sekali dan mulut sayapun terkunci dalam waktu sekitar 1 menit. Terasa benar bahwa ada yang menghalangi langkah kaki saya dari belakang secara tiba2 padadhal saya tengah berjalan di dalam rumah yang lapang tanpa penghalang dan saat itupun suasana rumah sepi.. Saat itu saya hanya berdzikir semampu saya dan saat itulah saya hanya pasrah dan berserah diri kdp-Nya dan alhamdulillah sekitar 1 menit kemudian saya bisa kembali bangkit tanpa kurang suatu apapun.

    Sedangkan saat tidur, ehm…ada 2 kejadian yg mungkin atau boleh jadi termasuk ke dalam definisi sleep paralysis namun itu terjadi hanya di alam mimpi saya saat tidur. Kejadian pertama, saya pernah bermimpi; saya melihat ada segerombolan Gajah besar2 mengamuk di sebuah kampung memporak-porandakan bangunan yang ada dan orang2 berlarian terbirit2. Anehnya, sekalipun seolah2 saya tdk bisa bergerak apalagi berlari seperti mereka saya justru tenang2 saja. Sebab, di alam mimpi tersebut saya merasa sadar benar bahwa saya tengah berada di alam mimpi sehingga saat itu pula saya seolah berbicara sendiri dengan mengatakan: “tenang aja…gau usah takut, kalo merasa khawatir diterjang Gajah2 tsb yaudah, bangun aja!!..:)”. Dan ternyata benar, saya langsung bangun dan seraya bersyukur Alhamdulillah…

    Adapun tentang mimpi yg kedua, saya yakin bukan termasuk dalam definisi sleep paralysis karena kejadiannya saat itu saya bermimpi tengah bertarung dengan segerombolan jin/syaitan di tengah2 lapangan. Terjadilah duel seru dan kayak di film2…
    ceritanya saya berhasil mengalahkan mereka semua dengan mudah kecuali pemimpin/rajanya (lokal). Di akhir pertarungan raja jin lokal tersebut berhasil mencekik leher saya dengan kuku2nya yang panjang2, tajam lagi runcing. Hampir saja saya tewas saat itu juga karena sudah tdk bisa bernafas lagi namun dengan izin Allah, tiba2 dengan segenap tenaga dan dengan gerakan reflek saya tendang dia sekeras mungkin hingga dia terpental jauh dan akhirnya ia bertekuk lutut. Yg paling lucu adalah ketika saya bangun, kaki kanan saya dalam posisi menendang ke atas!.🙂. he.he

  6. aricloud said

    Wa’alaikumsalam om Zae
    Wah, kalau kasus antum yang pertama ana gak bisa banyak komentar…
    Jelas sekali sepertinya ada faktor x yang membuat antum tidak bisa bergerak.
    sedangkan kasus mimpi pertama dan kedua ternyata antum sepertinya termasuk orang yang sering dikaruniakan mimpi-mimpi indah. Tidak semua orang lho memiliki mimpi-mimpi fantastis seperti itu.
    Oya ane minta izin untuk menampilkan kisah antum yang pertama dalam sebuah postingan baru ya..hmm.. judulnya masih ane pikirkan

  7. deri sagita said

    saya mengalaminya b’berapa kali,salah satunya ketika tinggal d tmpt sodara yang mana rumornya sedikit menakutkan.pada satu mlm kondisi saya tertidur pulas,tiba2 mata saya kebuka dan melihat ada kaki besar dan penuh dengan bisul nempel di gordeng,begitu ketakutan saya pd waktu itu,maunya cepat loncat dari tmpt tidur,tapi ternyata seluruh badan saya tdk bisa digerakan…,saya hnya bisa berdoa dalam hati,dan sesaat stlah itu baru tubuh saya bisa bergerak,zuzzzzz saya langsung lari dari kamar itu. sampai sekarang saya masih bingung apa saya mimpi ataukah?????

  8. […] 5, 2007 Dalam postingan “Sleep Paralysis” Om Zae menceritakan pengalamannya yang menurut saya terkait dengan hal ghaib : Saat itu, […]

  9. Aldo Cool said

    Gw jg prnh wktu gw tdr trus tb tb gw bngn n gw lihat ada sesosok wanita berjubah hitam kelam n berambut gondrong, gw lgsg ambil selimut n menutup seluruh tbh gw, tp selimut saya ditarik, saya bertahan dengan sekuat tenaga, akhirnya saya g mampu, saya psrah, tp saya tetap menutup mata saya krna saya malas sekolah tapi dipaksa nenek saya ( Yg Berjubah Hitam n gondron )

  10. maymarch said

    saya sih udah sering ngalamin yg namanya ketindihan, dulu2 sih nyangkanya itu kerjaan setan. Abisnya klo saya ketindihan dan ngerasa klo saya udah melek tapi gak bisa ngapa2in, saya pasti langsung dzikir n baca doa2… Alhamdulillah gak lama saya pasti sadar (bangun maksudnya)..
    yaaa… mungkin kalo mw tdr jangan lupa sholat (klo bisa wudlunya tetep dijaga),trus jangan lupa berdoa juga.. n yang pasti tidurnya jg hrs teratur,insyaallah gak lagi deh ngalamin yang namanya ketindihan…

    salam…

  11. Magdeburg13 said

    saya ingat, saya pernah mengalami hal ini. kalau kata orang sunda ini disebut “ereup-ereup”

    salam

  12. […] tapi anehnya nggak bisa bangun, mau diterusin ngeri… nih aku ada artikelnya, aku ambil dari sini yang jelas semalam aku ngalamin ini, sampai aku berteriak untuk minta tolong, untungnya teriakanku […]

  13. Kukriblades said

    Ketindihan menurut pengalaman saya, saya artikan sebagai ‘terjaga dalam mimpi’.

    ehem, Sedikit pakai imaginasi boleh, kan?

    konon tidur nyenyak adalah tidur tanpa mimpi, sebaliknya tidur yg bermimpi adalah tidur yg nggak nyenyak dan optimal. Mimpi sendiri saya artikan sebagai hasrat manusia yg terpendam yg menjelma menjadi sebuah skenario yg dimainkan di bawah alam sadar. intinya mengalami mimpi hampir sama kayak menonton film namun kita juga ikut didalamnya.

    Tapi pada saat2 tertentu mimpi bisa kita nikmati dalam alam sadar pendeknya kita sadar bahwa saat itu sedang bermimpi^^, dan bahkan bisa melakukan apapun yg kita inginkan(saya pernah mengalami lho, and it works!!^^)

    Tapi adakala-nya saat status ‘terjaga dalam mimpi’ tsb kita ingin ‘keluar’ dari mimpi dan cepat2 terbangun, namun rasanya kita terjebak dalam mimpi dan seluruh tubuh tak bisa digerakkan. Saat itulah kita sebut fenomena itu sbg ‘ketindihan’….

  14. […] di bawah ini kutipan dari sini , ulasan singkat mengenai yg namanya sleep paralysis: Pernahkah anda mengalami “Ketindihan”? […]

  15. Anonim said

    Wah,kLu ketindihan saya sering bgt,,maLah dLm satu episode tidur,,
    yg saya takutin tu takut gak bangun lagi,,

  16. Findy said

    Moga aja mang bener klo ketindihan itu bukan sebab ditindih oleh makhluk halus/jin. Ngeriiiiiiiii!!!emang sich q g’ pernah ngalami ndiri(moga2 jangan dech!!)Tapi aq sekarang tinggal di kos dengan temanku, dan dia sering banget ketindihan. saat dia ketindihan aq agak ngerasa aneh sich tumben dia diem coz dia tuh orangnya bawel bgt. Tp q akhirnya bangunin dia setelah q denger suara orang sedang menggigil. Oh ya aq punya tips dari temen untuk mencegah agar tidak ketindihan yaitu berdo’a sebelum tidur n klo te2p saat ketindihan gerakkan bagian jari jempol terLEBIH DAHULU n baca do’a sebisa mungkin n sebuannnyaaaaak mungkin!!!!

  17. INFJ male said

    Numpang ngepost ya.ap jg sering ketindihan dikos.pada satu kasus,sore hari,aq terjaga dan paralyse tp liat 2 kaki keriput disebelah tubuhku,seolah ia duduk diatasku.kasus ke2 pagi hari di kos lain,aq mengalami paralyse jg saat trjaga dan melihat seorang wanita tua berkerudung merah dekat pintu.sementara kasus ketiga,siang hari,paralyse jg dan dikos yg sama,liat wanita berkerudung putih berdiri didepanku.Kebetulan aq Kristen,dan memanggil nama Yesus berulang kali n terlepas tuh dari yg namanya ketindihan.

  18. INFJ male said

    Dan konon,di kosku yg baru ini memang sering kejadian aneh,malah anak2 yg lain bilang klo disamping kamarku tuh sering liat sosok pria duduk2 saat tengah malam.Dan kosku ini beberapa meter dr pemakaman Islam.Seram sih…tp msh ada rumah terseram di kompleks ini,cocok untuk syuting uji nyali…hehehe, ada yg berminat?

  19. nadia said

    aku juga sering kene paralysis nocturnal . tapi aku mikirnya lebih ke gangguan tidur aja bukan ke hal2 gaib or apa . masalah sosok yang suka muncul ketika mengalami paralysis, ya.. itu kan cuma bagian dari mimpi doank . jadi jangan terlalu takut juga sih . nyantei aja lah,,,

  20. nadia said

    oiya mau nambahin juga . kadang2 ketika ngalamin paralysis itu, aku ngedenger banyak suara orang or bunyi2an yang kupikir munculnya dari kepala aku . persis kaya suara beneran ,, keren ga sih . hhohooho

  21. KaiToU KiD said

    hehe.. tadi malem baru ngalemin lagi😛

  22. aku said

    wew, baru aja tindihan, langsung gua cari di google…swt

  23. Dimas said

    Setelah beratus-ratus kali terkena “tindihan” baru kali ini saya mengetik kata “ketindihan” di google dan ternyata mendapatkan info yang berharga🙂 . Saking seringnya, saya sampai hapal detik-detik akan tertindih yang biasanaya diawali dengan kuping berdenging dengan pelan dan sekelebat lalu datang denging yang kencang yang menyebabkan tubuh saya “paralize”. Dulu sempat kuatir, tapi sekarang sudah biasa, toh nanti pasti bangun juga. Saya juga sependapat dengan aricloud, apa yang kita lihat saat “ketindihan” itu hanya “memory image” saja, walaupun belum bisa dipastikan. Terakhir kali saya “ketindihan”, saya merasa melihat hantu tinggi gelap, dan berhasil membuat jantung saya berdebar, tapi setelah terbangun dengan mengumpulkan segala upaya, ternyata itu cuma celana jeans hitam yang tergantung di pintu… hahaha

  24. Anonim said

    yang saya heran setiap malam saya ketindihan tp kenapa saat gelap yah… klo lampu kamar dinyalakan tidak erep2 lagi…

  25. Lina said

    Be2rapa hari dlm sbulanan ini sy sering nglamin sleep paralysis. Awalny sy pikir memang gangguan dr mkhlk gaib karena pas abis baca zikir n doa2 br bdn sy bs d’gerakkan. Sy mengalami sleep paralysis cm pas tdr siang atau sore,sampe2 sy sempet tkt tdr siang. Srng sy merasa sdh bgn dr tdr tp tdk bs brgerak. Kdng terasa ada yg du2k d’samping sy (sampe2 pas “dia” du2k terasa d’ranjang sy),kdng denger suara org ngmng2 tp anehny mlh suara saudara atau kerabat sy, kdng ada yg liatin muka sy,sampe2 ada yg pegangin tngn sy dan buat sy tdk bs brgerak. Pokokny mcm2 kjadianny. Biasany sy ktdrn pas lg nyusuin anak sy. Pdhl sblm ktdrn sy baca doa trs.
    Akhirny sy cari informasi ttg itu d’google dan jd tau klo itu sleep paralysis. Skdr tmbhn info,dr yg sy baca sleep paralysis trjadi kbanyakn pas posisi tdr kita telentang,jd sesering mngkn ganti posisi saat tdr.
    Sejak tahu ttg sleep paralysis,dr sebab dan cara pencegahanny,Alhamdulillah sdh be2rapa minggu sy tdk mngalaminy lg wlw sy tdr siang dan sy jg tdk tkt lg.

    • selamat petang semuanya,sleep paralysis adalah satu tahap di mana fikiran bawah sedar kita terjaga… pada masa itu tubuh kita sebenarnya dalam keaadaan tidur memang terasa seperti ada yang menekan badan kita sama ada dari atas atau dari sisi badan saya sendiri tidak tahan dengan sakit ini.Di tambah pula dengan cerita orang-orang tua kita yang mengatakan ianya di sebabkan oleh gangguan makhluk halus…bertambah lagi panik kita sudalah badan tidak boleh digerakan..kita akan sedaya upaya melawan untuk bangun…. LINA dan tuan-tuan sekalian sebenarnya apa yang kalian alami ialah peringkat ketiga ASTRAL PROJECTION.

      atau do panggil OBE (out of body exprience). tetapi masih di peringkat yang mana bukan 100% angota badan terpisa dari jasad. maksud saya di sini ialah tahap pisahan antara roh dan jasad… tetapi bukan mati… jika kita berada dalam keadaan ketindihan cuba tenangkan fikiran kita yang pertama jangan takut walaupun kita sebenarnya tidak dapat bergerak… yang bergerak sekarang hanya roh…tenangkan fikiran agar denyutan jantung kita di jasad tadi kembali pada saat tidur jika tidak pasti kita akan terjaga,yang kedua kadang kita melihatsesuatu.. sekitar kita… percayala tiada apa yang dapat menggangu anda

      setelah semua ini dapat di bereskan cuba kumpulkan kekuatan dan bergerak kehadapan atau bergolek ke sisi jasad anda.. mesti dengan yakin dan ada kekuatan.. setelah itu anda akan nampak diri anda sedang tidur….semantara anda samaada di atas atau di sisi…. jangan takut…anda telah berjaya berpisah dengan tubuh anda…biasanya ada tali berwarna perak menghubungkan anda dengan jasad anda tali ini seperti bayi yang baru lahir…ada tali pusat.. tapi yang ini ialah warna perak saya panggil safety rope…. bila ada terjadi sedikit perubahan suhu misal.. bunyi yang kuat atau sesuatu yang ganggu jasad anda anda akan terkembali automatis ke jasad anda… dan tali perak ini tidak akan putus.. boleh jadi tidak terlihat oleh makhluk halus yang lain..jadi selepas itu biarla jasad anda tidur sedangkan ia.. adalah fizikal.. anda kini di alam spiritual alam roh.. tetapi sama sekali tidak terputus hubungan dgn jasad fizik anda… hebat bukan? saya pernah mengalaminya seketika waktu sore … kalau di malaysia di panggil petang… ya…waktu petang.. saat itu saya tembus ke tingkat bawah saya lihat isteri saya masih menyapu saya panggil tetapi dia tidak dengar… atau melihat saya.. pastinya… cuma adalah penampakan seorang ibu dan anaknya.. duduk dalam rumah saya yang saya tidak kenal…tetapi mereka jugak tidak hirau akan saya…. na itu la sebenanya…cuma saya kurang practikan sebab bila terjadi saat petindihan itu saya masih engak bisa gontrol jantung saya berdegup kencang… itu yang susah di kawal…pak.. lagi info boleh cari di google taip astral projection… bye…

  26. ian gothic said

    wahhhh..
    aku jg sering ngalamin..
    kadang2 ngliat org megangin tanganku..
    seremm…

  27. vivi said

    kadang aku ngrasa takut sih karena beberapa orang bilang sleep paralysis dapat menimbulkan kematian

  28. mimien said

    makasih aricloud infonya sangat berguna buata saya.
    sering denger orang ketindihan tapi waktu itu ga pernah rasanya seperti apa. kakak saya sendiri waktu masi kost juga sering ngalamin ketindihan.
    pagi ini saya baru aja ngalamin ketindihan sperti apa. malamnya saya memang ga bisa tidur krn lagi stress , suntuk berat. habis shalat subuh saya langsung tidur gitu aja & lupa baca doa. yang saya ingat waktu ketindihan saya merasa berada di kamar tidur lain yang sama sekali asing (bukan kamar tidur saya) dan sempet melihat wujud yang menindih saya mirip spiral sebening air (transparan) di udara, bukan wujud seram seperti yg teman2 alami. karena merasa lumpuh & tidak bisa bersuara saya meronta2 tapi tidak berhasil. dalam panik akhirnya coba dzikir. alhamdulillah bisa bergerak lagi.

  29. lin said

    aku pernah ketindihan juga.sampai saya tau tanda2 saya akan ketindihan.unutk menghindari itu,saya selalu siaga agar tidak terlelap tidur dan saya terbebas dari ketindihan.tapi karena didorong rasa penasaran,pernah tanda2 akan ketindihan itu saya diam saja dengan maksud apa jadinya jikasaya diam saja.dan ternyata disaat saya diam itu ,seperti ada yang masuk mlalui ujung jemari kakiku saat itu dan mengaduk2 darah dlm seluruh tubuh,hanya saja HP ku keburu dering.jadi aku tidak tau apa yang akn terjadi jika aku terus diam saat itu.sekarang jika aku tidak mau mencobanya lagi.apapula maksud dari semua itu,sampe sekarang aku tidak tau.

  30. Lynx said

    Kalau gitu kenapa kok waktu saya ketindihan saya sadar 100% apa yang ada di pikiran dan kenapa ada orang besar marah2 sama saya dengan suara besar waktu itu?

  31. Ghandi said

    Duh…Gila…Kalo ktindihan smggu bsa 5 hari dah aku kena…. Dlm skli episode bsa bbrpa kali…Capek..Haus… Tenang aja,biasany ttp bgun kok… Tpi ada suatu kali aku ktindihan,,ampe gk bsa nafas lama,…Itu yg aku tkutkan….Bahaya gak y??
    Alhmdlah ampe skrg bsa bgun sih….
    Eh aku pernah tindihan ampe kr2 10 menit lbih loh ‘gila’ gak,leher kyk ada yg cekik,tp aku diemin aja ampe slese,,pasrah tpi ttp zikir….

  32. anonim said

    saya pernah ketindihan di kamar sendiri…

    dan saya merasa saya sebagian dari diri saya keluar dari tubuh dan berjalan jalan keliling rumah…
    saya juga mendengar pembicaraan keluarga saya….

    dan saya tahu mereka sedang melakukan apa,,,
    dan ketika saya terbangn..
    semua yang saya liat waktu ketindihan itu benar…
    itu bagaimana ya..

  33. Anonim said

    saya ketindihan tidak berhalusinasi atau apapun namun saya merasa seluruh tubuh saya seperti dipegang tangan yang banyak sekali dan amta saya terbuka setengah, disamping saya kakak saya sedang main leptoppun saya sadar melihat kakak saya .. lalu sekitar 10 detik merasa dipegang tangan tersebut serasa melepaskan namun tidak rela dan seperti mencakar badan saya.. saat bisa bergerak pun saya melihat kakak saya sedang main leptop sama seperti yang saya rasakan

    penjelasanny jika bisa dijelaskan?🙂

  34. indra said

    saya punya pengalaman beberapa kali ketindihan… seringkali fenomena ini terjadi ketika siang harinya saya tidur siang atau belajar sampai larut malam, apakah ini berkaitan dengan pola tidur yang tidak teratur?
    mohon dijawab pertanyaan saya jika ad waktu.. thx😀

    • aricloud said

      Sangat mungkin salah satu faktor yang menyebabkan ketindihan adalah ketidakteraturan dalam tidur. Saya sendiri beberapa kali mengalami pada saat memiliki pola tidur yang kacau. Saya rasa tubuh kita memiliki mekanisme adaptasi terhadap kebiasaan tidur kita. oleh karena itu bila kebiasaan tersebut tidak teratur, maka pasti berpengaruh terhadap proses adaptasi tubuh kita.

  35. AR-15 said

    Saya adalah orang yg tak percaya dgn gaib , tuyul , jin dsb

    Ini adalah kisah ketindihan yg pernah saya alami.

    Saya ingin menceritakan pengalaman saya thn 1998 bln agustus,

    Saat itu istri saya sedang mengandung 9 bulan,
    saya tinggal bersama istri saya di kost, sebelum istri saya melahirkan .. saya pernah ketika tidur disamping istri saya, tiba2 dada saya seperti dipukul .

    Pukulan di dada saya tersebut bertubi-tubi, bahkan yg saya rasakan spt ada angin masuk dgn kuat ke paru2 saya lewat mulut .. lalu spt ada yg menahan angin tersebut di dalam dada saya ..setelah itu dada saya terasa dipukul kencang hingga angin tersebut keluar lg dr mulut.

    Saya begitu takut hingga saya berdoa dlm hati, ketika serangan pukulan yg saya rasakan tsb temponya berkurang … saya mempersiapkan diri utk meloncat keluar dr kamar. Saya sempat melihat pintu kamar saya , melihat anduk yg saya gantung lalu saya bisa melihat istri saya tertidur pulas menghadap ke tembok (bkn menghadap ke saya). Saat itu pula saya langsung ingin lompat & kabur dr kamar tsb … tapi otot badan terasa kehilangan tenaga… lemas.
    Otak saya mampu berfikir utk kabur dr tempat tsb .. tp badan saya tak bisa saya kontrol .. tubuh saya lemas !

    Pukulan & masuknya angin ke mulut saya tersebut kembali lagi bertubi2 … hingga saya capai …

    Nah disaat itulah , antara mimpi atau sadar…
    saya melihat spt yg banyak dikatakan orang .. saya melihat nenek2 tua berbaju hitam , memiliki rambut jabrik yg panjang (mirip spt nenek sihir yg biasa di film2) & memiliki taring.
    Pokoknya yg saya ingat itu nenek tsb memiliki wajah yg seram & tersenyum kpd saya sambil tersenyum & tangannya berada di leher saya spt ingin mencekik (Posisi nenek tsb berada diatas dada saya).

    Nah disini anehnya.. saya sama sekali tak merasakan takut … jadi spt mimpi.

    Stlh itu saya terbangun di pagi harinya & menceritakan kejadian ini ke rekan2 kerja saya. Tak ada yg menceritakan soal nenek tsb, mrk hanya menjelaskan klo apa yg saya alami itu disebut ngarerep.

    Belum lama ini saya melihat di indovision yg mengulas ketindihan ini dr stasiun TV jepang.

    Yg membuat saya heran … ternyata hampir yg mereka alami hampir mirip dgn yg saya alami …. ada nenek2 seramnya & berjubah hitam !!!

    Begitu pula saya baca disini , ntah lah … yg penting kita hidup berbuat baik di dunia ini.
    Saya mengganggap kejadian ini adalah warning utk saya … agar kita ingat akan neraka itu ada.

    Note :
    Disaat istri saya hamil tsb saya sempat beberapa kali berusaha mendekati gadis lain (sebelum kejadian ketindihan).
    Hingga saat ini saya baru mengalami ketindihan cuma itu saja, stlh kejadian tsb saya tak berani tidur disana lg .. & kejadian tsb tak pernah saya alami hingga kini.

    • aricloud said

      Mimpi, apabila kita sedang tidur, hampir tidak ada bedanya dengan dunia nyata, hanya saja sebagian kita merasakannya terkadang dalam bentuk dimensi yang lebih kecil. Ada juga yang merasakannya dalam urutan yang tidak beraturan dan tidak nyambung satu sama lain. Namun, dalam mimpi, kita hampir tetap dapat merasakan apa yang kita rasakan di dunia nyata. Misalkan mimpi makan manis, maka kita pun merasakan manis. begitu juga saat perasaan dipukul, kita akan merasakan sakit pula, namum biasanya saat kita bangun, rasa itu akan lenyap. Hal ini karena otak telah merekam perasaan2 tsb dalam dunia nyata dan memutar ulang dalam mimpi. Namun perasaan tersebut biasanya tidak 100% sama. Misalnya, kadang kita merasakan gerakan kita melambat, atau tenaga kita melemah, dsb.

  36. dewa's9424 said

    kalau saya pernah mengalami ketindihan dan waktu itu saya mendengar seperti langkah orang berjalan……bisa tolong dijelaskan ini mengapa ya ?

  37. Tina said

    Sya sering bgt ketindihan,paling sering wktu tdur pagi dan siang,. Sbenarny bhaya ga sih?

    • deshintika said

      bahaya kalo terus dibiarin,kalo gak dilawan dia bakal nguasain tubuh kamu bisa bisa maaf kamu bakal meninggal. jadi diusahain lawan dengan cara coba ngomong terus gerakin tubuh (sebisa mungkin)🙂

  38. Free_Sky said

    sya jga sering ketindihan, rasanya seperti ada yang mencekik leher sya… biasanya sya langsung membaca doa2 yg sya ingat (sya Islam) dan menyebut nama Allah, kadang ini berhasil tapi kadang juga tidak….

    Yang sering saya alami itu saya bermimpi buruk, entah ketemu setan, jin, hantu, dsb. Kalau sudah mimpi seperti itu saya pasti segera berfikir kalau ini pasti hanya mimpi tapi entah kenapa saya tidak bisa segera bangun agar bisa keluar dari mimpi tsb. Pernah juga saya bermimpi buruk lalu segera terbangun tapi ternyata saya belum benar2 bangun (saya terbangun dalam mimpi).

    Biasanya bila mengalami ketindihan atau mimpi buruk, saya langsung jadi paranoid dan menyambungkannya dengan hal2 mistis sehingga akhirnya saya ketakutan dan merasakan hal2 yang aneh…

    Saya sering sekali mengalami hal2 ini, adakah yang bisa membantu untuk mengatasinya?

    • aricloud said

      Bermimpi dalam mimpi, saya pun beberapa kali mengalami ini, ketika saya bangun, saya masih bangun dalam mimpi, kemudian saya bangun lagi, ternyata masih mimpi. mengenai apakah ketindihan ada kaitan dengan mistis atau tidak itu tergantung penyebab. Yang jelas, ketindihan menurut saya murni mekanisme yang terjadi di tubuh kita saat tidur, apakah itu mimpi atau semacamnya, namun stimulasinya bisa berasal dari gangguan jin maupun kondisi fisik dan pikiraN kita.

  39. noname said

    Saya sering sekali mengalaminya, sejak kelas 6SD. Hingga sekarang kuliah semester 6! Lelah sekali rasanya,
    jika disini kotak tisunya sudah tidak ada, maka anggaplah pada saya, tisu itu benar2 ada di meja. Itu yg membuat saya bingung, jika memang itu hanya katakanlah Syndrom, lalu kenapa semua disekitaar saya benar2 terjadi seperti yg saya lihat saat “ketindihan”?? Saat saya berhasil bangun, saya tanyakan ttg kejadian disekitar yg tadi saya lihat saat “ketindihan” dan semua yg saya lihat memang terjadi demikian adanya! Saya hanya ingin tidur normal seperti orang2 lainnya, yg jangankan berdo’a, tanpa berdo’a pun mereka dapat tidur tanpa “ketindihan”!!
    Saya lelah dan saat ini saya berniat untuk “Rukyah” semoga dapat membantu semuanya jaadi lebih baik, Amien.

    • aricloud said

      Pengalaman setiap orang akan berbeda2. Dan itu akan bisa menjelaskan perbedaan stimulasi dan penyebab ketindihan pada masing2 orang. Bisa jadi seseorang hanya merasakan mimpi, bisa jadi narcolepsy, bisa jadi Sleep Paralysis, bahkan Astral Projection (masing2 silahkan googling).
      Namun demikian Stimulasi juga dapat beragam, bisa akibat gangguan jin, namun bisa juga pengaruh pikiran dan tubuh kita sendiri.

  40. maddkemal said

    jadi ini namanya sleep paralysis ya? saya pikir mungkin benar kita tidak sebaiknya tidur di waktu yang bukan waktunya untuk tidur, saya dulu sering tidur berlebihan dan sering bangun siang makanya sering mengalami kejadian ini … oke terima kasih sharingnya …

  41. irma said

    Buat yg sering ketindihan coba kalo tidur menghadap kesamping,jgn telentang deh,,, pernafasnx nanti ga normal,,, gitu,,jgn lupa berdoa juga,,, saya setelah mencoba hal itu sudah tidak pernah ketindihan lg.

  42. Anonim said

    Bener tuh kata si irma, waktu itu aku juga ngalamin , brkali2 malah, tp saat rada bisa dgerakan aku nyoba tidur miring, Alhamdulillah sampe subuh ngga kejadian lg, walaupun skarang masih sering juga sh.. Hehehe….

    • deshintika said

      buat anonymous: habis ketindihan langsung cari temen dulu baru tidur lagi! usahain jangan sampe kecapean! kecapean atau stres biasanya bakal ketindihan

  43. Rusqi said

    setiap saya membaca sebelum tidur (atau sampai ketiduran setelah membaca), selalu saja ketindihan…
    dan ini juga saya terbangun krna sleep paralysis itu…

    kenapa saya selalu mengalami sleep paralysis ketika membaca sebelum tidur atau sampai ketiduran setelah membaca..?
    itu terjadi beberapa tahun lalu (dari SMA) sampai sekarang..

    • aricloud said

      Mungkin posisi anda saat membaca itu yang menyebabkan tubuh bereaksi sesuatu saat tidur. Biasanya orang membaca sambil telentang dengan menyandar bantal di kasur, bisa juga sambil tengkurap dengan melipat tangan di bawah kepala.

      Cobalah tidur dalam posisi miring ke kanan. bila belum terbiasa bisa dicoba sambil memeluk sebuah guling.

  44. deshintika said

    hmmm kapok deh tidur ketindihan kaya gitu,bener bener gak bisa ngapa ngapain aku -_______- mau ngomong aja susah banget haha tapi mau lagi deh haha. eh pas ketindihan itu panas dingin juga ya? hmmm sekedar info,sebaiknya habis ketindihan buru buru minum air putih terus ajak orang untuk tidur bareng kita! supaya kejadian ketindihannya gak terjadi dua kali🙂

  45. dicky said

    mau tanya nihh kalo pas lagi ngalamin sleep paralysis ini truss kaya ada yang klikitikin pinggang gitu.. Itu knpa yahh?
    Gila asli g kuat di klikitiknyah.. Mana g bisa gerak lagi.. Hahahahaha

    w nuliss coment ini pas baru kena sleep paralysis lho,, hahahaha
    ditunggu jwbannya..

    • aricloud said

      Saya pernah mengalami ini, bahkan saya sampai tertawa terbahak-bahak hingga istri saya ketakutan. Saya kira penyebabnya bisa berbeda-beda. Karena saaat kita bermimpi, terlepas mimpi itu hanya dalam bentuk perasaan atau visual, otak telah merekam perasaan nyata dalam mimpi. Misalnya kalau mimpi makan asam, pasti kita juga merasakan asam saat mimpi, dan bila mimpi dikelitikkin, maka kita pun merasa geli.
      Yang membedakan adalah Stimulasi yang membuat mimpi itu terjadi.
      Mimpi bisa dipengaruhi oleh pikiran kita sebelum tidur, tingkat kelelahan tubuh kita, iklim/cuaca di sekeliling kita, bahkan bisa juga distimulasi oleh gangguan jin.

  46. alpina candra said

    kalian pasti udah pada nonton film matrix….jadi kalau mimpi..kita berada didunia matrik (hanya sebagai ungkapan)
    ..jadi tergantung program otak kita aja…ketindihan juga geto…otak dan tubuh tidak konek…tubuh kita sudah sadar..sedangkan otak kita masih didunia matrix..makanya apapun bisa kt alami,seperti dalam mimpi….

  47. ryan ruzzi said

    sya hmpir stiap mlam sih mnglami kjdian sleep paralysis…
    krna sya inggin mencoba mlakukan tekhnik lucid dream(mengontrol mimpi) tetpi gagal trus dan berakhir di sleep paralysis…….

  48. Hilman said

    saya cukup sering mengalaminya, ini info yg bermanfaat, terima kasih.
    izin copas ya, nanti saya cantuman sumbernya.

  49. Saya sering mengalami hal ini berkali2. Tapi sekarang saya bisa mencegahnya dengan cara mengosongkan pikiran (tidak memikirkan hal2 yang indah atau apa saja ) sambil memejamkan mata. Intinya jika kita ingin tidur, pikiran pun harus tenang, supaya jangan sampai tubuh kita duluan yang ketiduran tapi otak kita belum tidur. Atau bisa juga dengan cara meditasi sambil tidur. Jika kita ketindihan, segera bangun lalu minum segelas air perlahan2, lalu tenangkan pikiran sejenak, kemudian tidur lagi. Semoga bermanfaat. Ojo wedi kelindihan,…

  50. US said

    Didiemin aja, nanti biar bisa masuk alam mimpi yg bisa kita kendaliin

  51. Anonim said

    aq juga sering ngalamin kayak gitu,,
    bahkan setiap malam..
    aku takut menutup mata, karena ketakutan aku itulh membuat aku stres.
    ketindihan itu sungguh sangat menakutkan..

  52. Aq heran kenapa ya itu sring terjadi sama aq tiap aq tidur siang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: