Mencari Cinta-Nya

I have face it, life wasted, i am never going back again

Hal Ghaib Apa yang Pernah Anda Alami?

Posted by aricloud pada November 5, 2007

Dalam postingan “Sleep Paralysis” Om Zae menceritakan pengalamannya yang menurut saya terkait dengan hal ghaib :

Saat itu, menjelang berangkat sekolah dengan berseragam lengkap dan mulai berjalan tiba2 saya ambruk tdk bs bergerak sama sekali dan mulut sayapun terkunci dalam waktu sekitar 1 menit. Terasa benar bahwa ada yang menghalangi langkah kaki saya dari belakang secara tiba2 padahal saya tengah berjalan di dalam rumah yang lapang tanpa penghalang dan saat itupun suasana rumah sepi.. Saat itu saya hanya berdzikir semampu saya dan saat itulah saya hanya pasrah dan berserah diri kpd-Nya dan alhamdulillah sekitar 1 menit kemudian saya bisa kembali bangkit tanpa kurang suatu apapun.

Saya jadi teringat, bahwa saya pernah 2 kali mengalami sesuatu yang menurut saya berhubungan dengan hal yang tidak logis (Walaupun kalau cerita dihadapan Psikolog maka semuanya bisa dilogis-logiskan). Tapi saya mempersilahkan pengunjung untuk berpendapat sendiri…

PERTAMA, sewaktu SD, saya pernah  berjalan kaki pergi ke pasar untuk membeli ikan lele hias (waktu itu sempat ada ikan lele murah yang dipelihara sebagai ikan hias). Saya membeli tiga ekor ikan lele merah kecil, kira-kira seukuran jempol tangan orang dewasa). Ketiga (jumlahnya betul-betul tiga) ikan tersebut di masukkan ke dalam plastik minyak bening besar. Kemudian diikat ujungnya setelah terlebih dahulu digembungkan untuk persediaan udara.

Dalam perjalanan  pulang, saya ditegur oleh seorang Bapak-bapak umur + 50-an di pinggir jalan, Bapak itu ingin melihat ikan yang saya beli. Kemudian saya memperlihatkannya. Bapak yang tidak saya kenal itu hanya melihat sejenak tanpa memegang plastik ikan tersebut. Saat itu jumlah ikan yang saya bawa masih tiga ekor. Kemudian saya pulang. Sesampainya di rumah, ternyata ikan yang saya beli tinggal 2 (dua) ekor!!!!

Kemanakah satu ikan lagi?. Tidak mungkin ikan itu loncat keluar karena plastik diikat rapat hingga udara pun tidak bisa keluar.

Hingga saat ini masih menjadi pertanyaan besar bagi saya.

KEDUA, Setahun yang lalu, saya pernah berkunjung ke sebuah event di dekat Asrama Haji Pondok Gede.

Dengan mengendarai motor, saya menuju kesana dari Jl. Ahmad Yani (By Pass) lurus ke Jalan Raya Bogor.

Di pertigaan Jl. Raya Bogor dan Jl. Raya Pondok Gede saya belok ke arah Pondok Gede, dst.

Sepulangnya, saya melalui jalan yang sama. Yaitu dari Jl. Raya Pondok Gede mengarah ke pertigaan Jl. Raya Bogor. Setelah melalui Fly Over Tol Jagorawe (Taman Mini), seharusnya saya bertemu dengan pertigaan Jl. Raya Pondok Gede dan Jl. Raya Bogor. (saat itu Insya Allah saya dalam kondisi sangat Fit dan konsentrasi).

Namun saya amat sangat terkejut ketika menyadari  bahwa bukan pertigaan jalan yang saya temui namun sebuah fly over lagi. Setelah flyover kedua barulah saya menemukan pertigaan jalan lagi. Kali ini saya Jauuh lebih terkejut lagi karena ternyata pertigaan jalan tersebut adalah pertigaan Jl. Raya Pasar Minggu dan Pahlawan Kalibata. Itu berarti flyover kedua yang saya lalui merupakan flyover stasiun duren kalibata. Padahal saya samasekali belum melewati Jl. Raya Bogor, Perempatan Cililitan serta Pertigaan Jl. Dewi Sartika.

Lagipula jarak tempuh antara flyover pertama dan kedua saya tempuh hanya sekitar 15 detik (kecepatan saya 50-60 kpj. Padahal  seharusnya dalam kondisi biasa bisa sampai 10 – 20 menit. Itu berarti saya mengalami loncatan (atau apalah namanya) waktu dan atau tempat. Wallahu Alam

Saya sudah mengingat kembali apakah flyover yang saya lalui bukan flyover jagorawe taman mini, melainkan flyover rel kalibata? namun saya berkesimpulan Tidak Mungkin itu fly over.

Well.. itulah dua pengalaman saya yang menurut saya berhubungan dengan hal-hal ghaib. Terlepas dari suasana psikologis yang secara relatif bisa dijelaskan oleh seorang Psikolog. Namun dalam persepsi saya demikian adanya.

Bagaimana dengan pengalaman Anda?

16 Tanggapan to “Hal Ghaib Apa yang Pernah Anda Alami?”

  1. Jin dan Jun said

    Ikan lele tinggal 2? hue..hue..mungkin memang tuh lele jelmaan jin, trus bapak2 itu Bapaknya ikan lele tsb, mo jemput anaknya yang disandera..
    Kalo gue pernah Pas pameran Digital Printing di JDC ada yang memamerkan kertas-kertas fancy. Trus contoh2 kertasnya gue ambil aja sebanyak mungkin, mumpung gratis. Waktu lagi ngambil tuh diliatin aja sama yang jaga toko sambil cemberut, gue cuek aja.
    Tuh contoh2 kertas gue masukin tas.
    Eh gak taunya pas sampe rumah tuh kertas2 udah ilang blenk! gak ada jejaknya di tas gue..
    Padahal tas gue sama sekali gak bolong, en yakin betul udah gue masukin ke dalem pas ngambil tadi. Mungkin itu akibat salesnya gak Ikhlas

  2. v3... said

    klo saya alhamdulillah gak pernah liat yang serem2..
    tapi kalo ngalamin yang namanya de ja vu pernah! waktu saya masih smp.. (sekarang saya udah kuliah) waktu itu bulan mei,saya inget banget dalam sebulan saya bisa ngalamin dua sampe tiga kali dejavu! saya pikir ada yang gak beres sama otak saya.. hehehe…
    saya sering ngerasain klo lagi ngumpul bareng sama temen2 trus ngomongin sesuatu, rasanya kok udah pernah ngalamin kejadian kaya gini?? atau klo diajak kerumah temen yang sebenernya belum pernah kesitu sama sekali tapi rasanya kayak hapal banget daerah itu..
    waktu itu saya juga belum tau klo ngalamin kejadian itu namanya dejavu, saya dikasih sebuah majalah dari temen n dari situ saya baru tau klo hal ini pernah dialamin oleh orang lain..
    syukur deh otak saya baik2 aja…

  3. aricloud said

    @V3…
    Saya juga pernah mengalami de javu beberapa kali.
    Sampai saat ini fenomena de ja vu belum bisa disepakati teorinya oleh para ahli psikologi.
    Mungkin saya akan membahasnya jika berkesempatan di postingan lain, Insya Allah.

  4. Imam Mawardi said

    Gaib wajib dipercayai walau tak pernah alami

  5. Magdeburg13 said

    mas tulisannya menarik.

    saya pernah mengalami hal seperti ini. kalau kata orang sunda “ereup-ereup”.

  6. suci said

    saya juga pernah mengalami hal gaib tapi itu krena ada sebabnya dirumah saya tidur ga boleh ngadep arah kamar mandi coz katanya ada jin yang ngerasa ga seneng jadi saya dimimpiin yang serem2

  7. Dono. said

    Ass.wr.wb,pak Ari.
    Saya pernah bertempur dengan syeitan dalam saat menolong seseorang.
    Begini ceritanya pak Ari.
    Saya pernah melihat orang yang menurut bahasa awamnya kena sihir.
    Dia seorang wanita yg sudah lanjut usia, belum berumah tangga,berhenti sholat, selalu cekcok ama kedua orang tua dan selalu mencakar kulitnya sehingga rusak, kalau seorang laki mau ama dia,dianya tidak mau dan sebaliknya.Kejadian ini rupanya sudah lama sehingga dia kadang-kadang menangis sendiri.
    Pada tahap pertama saya kurang yakin, boleh jadi penyakit jiwa.kataku dalam hati.
    Pertama saya ajak dia bicara soal duniawi, dia begitu gembira dan dapat diajak bicara,pada waktu saya mengajak dia berbicara soal agama dia seperti orang hilang ingatan,langsung saya pegang tangannya, saya rasa ada sesuatu masuk kebadan saya,saya ucapkan assalamualaikum 3x dia tidak menjawab, tiba2 saya diperlihatkan 3 pintu yang sangat terang benderang.Kataku padanya pintu hanya dua pintu surga dan neraka, saya mengucap laillahhailallahmuhammadarasulallah3x, 3 pintu berubah menjadi gelap gulita,lantas datang makhluk yang mengerikan ke arah saya, saya bilang Iya Allah iya tuhanku, aku tidak bersalah apa-apa dan kemudian saya berzikir laillahhailallah sebanyak-banyaknya, sehingga saya melihat cahaya turun dari tempat sangat tinggi yang makin mendekat, begitu terangnya sinar tersebut sampai saya tertunduk.Lantas kata syeitan tersebut belum waktuku, belum waktuku,belum waktuku,sehingga dia menghilang, lantas saya dibawa sinar tersebut keatas sambil menundukkan kepala saya,sesampainya saya diatas, saya melihat suasana yg sangat damai, tidak ada benci tidak ada iri hati, keadaan yang sangat nyaman,pada saat saya lihat keatas, saya melihat mesjid yang sangat indah,tetapi saya tidak diperbolehkan keatas.Lantas saya kembali pada kesadaran saya, saya katakan pada wanita tersebut, sudah mulai sekarang kamu sholatlah dan sayang kepada kedua orang tua.

    Wassalam.Dono.

  8. aricloud said

    @ Dono
    wa’alaikumsalam
    Maaf mas dono, memang saya sedikit kurang yakin awalnya dengan keterangan mas Dono
    Namun kemudian Saya mengerti mas Dono
    Kadang kala memang seringkali kisah atau kejadian yang benar-benar terjadi pada diri kita belum tentu masuk akal bagi orang lain.
    Disinilah kebesaran dan kelapangan dada kita dalam mencermati berbagai kejadian yang kita alami sendiri maupun berdasarkan cerita orang lain.
    Pun demikian saya pribadi terkadang memilih untuk tidak menceritakan suatu hal yang menurut saya orang lain akan sulit mengerti.
    Terima kasih telah sudi berbagi cerita

  9. Dono. said

    Ass.wr.wb,pak Ari.
    Sebelum saya menceritakan pengalaman saya yang berikut ini, saya memohon agar kita sebagai muslim agak sedikit melapangkan dada untuk menerima atau tidak menerima cerita saya berikut ini.Apakah ini suatu kenyataan ataukah tidak terserahlah kepada yg mendengarnya, kalau seandainya pak Ari keberatan untuk menerimanya dan menghapusnnya, untuk pribadi saya, juga saya tidak ada masalah,karena menurut hakikat saya,mendengar atau melihat cerita ini akan menimbulkan kebencian, penghasutan, pencacian dll,jadi saya serahkan saja kepada akal manusia yg sehat untuk menimbang baik atau buruknya.

    Beginilah ceritanya:
    Pada tanggal 3 bulan juli th 2008 masuk bulan rajab malam jumaat lalu setelah maghrib muncul makhluk bersayap yg sayapnya seperti mutiara-mutiara yg bertebaran di muka bumi ,begitu besarnya beliau dari pandangan saya,yg berjarak kira-kira 5 meter dari hadapan saya,keindahaan beliau tidak terlukiskan.
    Perkataan beliau yg pertama adalah: Tuliskan!lantas sekali lagi Tuliskan!
    Saya cepat mengambil kertas dan pena kemudian duduk kira-kira satu meter dari hadapan beliau.
    Perkataan beliau yg kedua:Assalamualaikum.
    Saya jawab wallaikumsalam.
    Perkataan beliau yg ketiga:saya Jibril,Tuliskan!
    Saya akan datang bersama Isa almasih kedunia bersama sembilan wali-wali dan bersama 200 lebih malaikat-malaikat.
    Waktu sudah sangat singkat, mulai tahun 2010 banyak kejadian yg akan merampas jiwa manusia.
    Perkataan beliau yg keempat:apa yg engkau inginkan? menyebarkan firman-firman Allah S.W.T, jawab saya.
    Perkataan beliau yg kelima:ada lagi?InsyaAllah, Allah S.W.T akan memberikan petunjuk kepada kami,jawab saya.
    Perkataan beliau yg keenam:baiklah! lantas beliau mengambil kedua belah tangan saya,beliau menyuruh saya berzikir.
    -Allahhuakhbar33x
    -Subhanallah33x
    -Alhamdulillah33x
    -Allah S.W.T33x
    -Laillahhailallah33x
    -Laillahhailallahmuhammadarasulallah33x
    Perkataan beliau yg kesepuluh:ingat!
    1.jangan engkau sombong
    2.bersabarlah
    3.sayang kepada kedua orang tua
    4.jangan engkau membuat kesalahan
    Beliau tunduk sejenak, lantas beliau berkata,saya musti kembali dan menyapa saya assalamualaikum, saya jawab wallaikumsalam Jibril a.s, dia membuka sayapnya lantas terbang begitu cepatnya.

    Saya beranggapan bahwa ini hanyalah sebagai amanah.
    Marilah kita menyimak cerita ini bersama dengan akal yg sehat menurut Alquran dan hadits-hadits rasulallah Muhammad S.A.W.

    Wassalam,Dono.

  10. aricloud said

    wa’alaikumsalam mas Dono

    Menurut saya mas, Pengalaman seseorang dalam ranah ghaib tentu saja bukan tidak mungkin terjadi. Akan tetapi yang perlu kita sikapi adalah bahwa wahyu pada dasarnya tidak akan lagi diturunkan oleh Allah SWT. Oleh karena itu jika kemudian seseorang mengalami suatu kejadian khusus, apakah merasa didatangi Jibril dsb, maka cukup itu menjadi pengalaman pribadi saja. Bukan karena hal itu lalu kemudian merasa dapat “panggilan”. Karena Tanpa didatangi malaikat pun Manusia sebenarnya sudah memiliki kewajiban “Dakwah”, dan Allah sudah memanggil kaum beriman dalam Al Quran untuk berdakwah dan amar makruf nahi munkar.

    Kisah yang mas Dono ceritakan pada dasarnya bukan menunjukkan sesuatu petunjuk baru bagi kita, saya lebih suka sebagai “Pengingat”.
    Karena inti dari kisah tersebut sebenarnya tidak berbeda dari ajaran agama Islam sendiri, yang menyuruh kita untuk tidak sombong, bersabar, sayang kepada kedua orang tua dan tidak membuat kesalahan.

    Namun karena kita tidak pernah tahu apakah benar yang mendatangi kita adalah malaikat asli atau palsu, maka cukuplah hal tersebut sebagai “Pengingat” kita, Sebagaiman Orang Tua kita yang juga suka “Mengingatkan kita”.
    Mungkin pendapat saya demikian mas Dono…

  11. Dono. said

    ass.wr.wb,pak Ari,
    komentar bapak diatas mengenai cerita yg telah saya sampaikan sangat saya benarkan.
    Sayapun tidak pernah menganggap ini sebagai wahyu atau panggilan karena nabi dan rasul Allah S.W.T yg terakhir sebagai penutup para rasul adalah Muhammad S.A.W.

    Seperti yg bapak katakan di atas, bahwa kedatangan beliau adalah untuk “mengingatkan” bagi saya khususnya dan mereka2 yg terlalu mencintai dunia agar segera bertobat dan kembali kepada jalan yg lurus, karena akhir zaman sudah mendekat.
    Kalau kedatangan beliau hanya untuk pribadi saya sendiri berarti berakhir pada diri saya sendiri dan saya sangat bersyukur kepada Allah S.W.T,karena boleh bertemu dengan beliau , kalau tidak ini akan berkelanjutan.

    Wassalam,Dono.

  12. agorsiloku said

    Saya juga punya beberapa pengalaman, tapi sama sekali bukan ghaib. Itu hanya mr Jin berkunjung. Sebel deh… Saya lihat seseorang keluar kamar sambil tersenyum ke saya, terus bilang apa gitu nggak begitu jelas. Terus beberapa detik lagi, orang yang sama lewat lagi, tapi langsung masuk kamar. Saya butuh waktu untuk mencerna, mana yang bener mana yang nggak. Kali si mister itu bisa menyerupai temen saya yang berkunjung. Kalau kelebatan lewat sih udah biasa, terutama terlihat di sudut mata.
    Karena saya lebih suka bekerja di ranah rasional, siapapun yang akan datang atau menyerupai apapun, insya Allah, saya lebih suka TIDAK DIDATANGI saja deh. seremmm…..😀

    Orang seperti Mas Dono yang indigo dan ESPnya sangat kuat, mengalami hal yang jauh lebih dahsyat. Saya tidak bisa menjelaskan, tetapi juga terus terang tidak berani membenarkan. Namun, tentu merujuk pada AQ dan merujuk pada ulama yang memang kompeten di bidang itu. Menurut saya, itu yang terbaik.

  13. aricloud said

    @mas agor
    Betul mas..maksud saya hanya ingin membedakan antara pengalaman “Logika nyata” dengan pengalaman “logika semi-nyata” hehe.. apa kata yang pas ya?

    maksudnya menghadapi sesuatu yang diluar logika material.
    seperti kasus kesurupan, atau gangguan-gangguan maupun kejadian lainnya yang tidak mungkin dilakukan sesama manusia.

    Kisah mas dono memang tidak bisa dibandingkan dengan kisah-kisah saya pada postingan ini. Namun saya menghargainya sebagai sebuah pengalaman pribadi yang memang bagi orang lain kadang sulit diterima. Sayapun berlepas diri terhadap kebenarannya, sama seperti orang lain juga tidak perlu bertanggungjawab atas cerita-cerita saya pada postingan saya ini..

  14. Ghoelam said

    Kalo aku ada satu hal yang sering ku alami, yaitu kalo tidur malam dan belum solat isya, hampir dipastikan aku mimpi buruk, entah ketemu setan, jin, dukun dan sebagainya, dikejar2, jatuh dari langit, etc. pokoknya mimpi gak enak. jang ditiru!
    ada juga waktu aku lagi shalat jumat. setelah selesai salat, aku duduk-duduk dulu, tiba-tiba aku denger suara: “sandalmu ilang di colong”. aku yang gak tau suara darimana gak ambil pusing. trus waktu pulang, ternyata aku bener-benar jadi nyeker pulang dari masjid.

  15. roman said

    ass. semua orang tdk akan meragukan, bahwa hal gaib itu ada. seperti adnya jin shetan dan genderewo pocong kuntilanak dll, bahkan anak kecil sekalipun percaya, itu ada, apalagi anak kecil akan awas pada hal hal yg halus. menurut sy yg di maksud kita harus percaya pada hal gaib itu bukan gaib seperti di atas, keliru sekali. Bukan hal gaib sepele seperti itu, tapi HAL GAIB MASA DEPAN ATAU HARI ESOK. MASA DEPAN ATAU HARI ESOK ITU SEMUA ORANG GK BISA MASTIIN AKAN SEPERTI APA? KARENA HARI ESOK DAN MASA DEPAN ITU HAL YG GAIB, ITU YG HARUS KITA IMANI! BAHWA KITA ITU HARUS SERING BERMIMPI PADA HAL GAIB, ARTINYA KITA HARUS MENGHAYAL HARI ESOK HARUS LEBIH BAIK DARI SEKARANG. seterusnya kita berhasil karena sering bermimpi atau menghayal tentang masa depan dengan usaha dan doa, bukan kah nabi Muhammad saw sering bermimpi, itu sebenarnya nabi Muhammad saw sering MENGHAYAL, kl sy boleh berpendapat mungkin hayalan nb Muhamad saw adalah seperti ini .Dan ternyata semua mimpinya terwujud dengan kerja kerasnya dan doa. ITU NAMANYA BERIMAN PADA HAL GAIB. BUKAN PERCAYA PADA HAL GAIB jin jurig atau gendewo gituan! bung! itu gk disururuh percaya jg udah percaya sendiri, kl begitu orang2 diluar islam juga termasuk golongan kita dong? orang dia jg percaya pada adanya jin genderewo kuntilanak dlsb. Nah untuk selanjutnya apa yang harus kita imani perkara gaib sekarang? yah kita harus percaya bahwa hari esok nanti, atau masa depan nanti amerika, rusia, cina, eropa dll, akan tunduk pada hukum islam dan itu namanya qur”an sudah rahmatan lilalamin rahamt bagi penduduk alam ini, kl sekarang mana? udah rahmatan lilalamin blm? di msjid sholat tp orang di luar banyak maksiat, di arab haji, tp di amerika bikin bom utk binasakn afganistan dan palestina, mana itu yg namanya rahmatan lilalaminya?,makanya kita harus percaya bahwa besok semua itu takan tejadi, itu namanya beriman pada hal gaib, tentunya degan kerja keras dan doa, begitu,!! ahh itu mah gk mungkin! ini artinya kita gk percaya pada hal gaib tadi, begitu bung! mengapa Qur”an sediri tdk menjelaskan penjelasan seperti ini,? nah inilah kehebatan alqur”an. salah satu teknik ALLOH utk menjaga qur”an. Kl dijelaskan penjelasannya seperti ini Qur”an ini sudah habis di bakarin sama musuh2 islam. Makanya Qur”an di peruntukan bagi orang2 yg beraqal, sudah dulu yah! wasalmam.

  16. roman said

    ass. semua orang tdk akan meragukan, bahwa hal gaib itu ada. seperti adnya jin shetan dan genderewo pocong kuntilanak dll, bahkan anak kecil sekalipun percaya, itu ada, apalagi anak kecil akan awas pada hal hal yg halus. menurut sy yg di maksud kita harus percaya pada hal gaib itu bukan gaib seperti di atas, keliru sekali. Bukan hal gaib sepele seperti itu, tapi HAL GAIB MASA DEPAN ATAU HARI ESOK. MASA DEPAN ATAU HARI ESOK ITU SEMUA ORANG GK BISA MASTIIN AKAN SEPERTI APA? KARENA HARI ESOK DAN MASA DEPAN ITU HAL YG GAIB, ITU YG HARUS KITA IMANI! BAHWA KITA ITU HARUS SERING BERMIMPI PADA HAL GAIB, ARTINYA KITA HARUS MENGHAYAL HARI ESOK HARUS LEBIH BAIK DARI SEKARANG. seterusnya kita berhasil karena sering bermimpi atau menghayal tentang masa depan dengan usaha dan doa, bukan kah nabi Muhammad saw sering bermimpi, itu sebenarnya nabi Muhammad saw sering MENGHAYAL, kl sy boleh berpendapat mungkin hayalan nb Muhamad saw adalah seperti ini seandainya kaum musyrikin quraes bisa sy taklukan dan beriman kepada sy, atau nb Muhammad saw menghayal seandainya kaum romawi dan persia bisa beriman dan takluk pada hukum islam.Dan ternyata semua mimpinya terwujud dengan kerja kerasnya dan doa. ITU NAMANYA BERIMAN PADA HAL GAIB. BUKAN PERCAYA PADA HAL GAIB jin jurig atau gendewo gituan! bung! itu gk disururuh percaya jg udah percaya sendiri, kl begitu orang2 diluar islam juga termasuk golongan kita dong? orang dia jg percaya pada adanya jin genderewo kuntilanak dlsb. Nah untuk selanjutnya apa yang harus kita imani perkara gaib sekarang? yah kita harus percaya bahwa hari esok nanti, atau masa depan nanti amerika, rusia, cina, eropa dll, akan tunduk pada hukum islam dan itu namanya qur”an sudah rahmatan lilalamin rahamt bagi penduduk alam ini, kl sekarang mana? udah rahmatan lilalamin blm? di msjid sholat tp orang di luar banyak maksiat, di arab haji, tp di amerika bikin bom utk binasakn afganistan dan palestina, mana itu yg namanya rahmatan lilalaminya?,makanya kita harus percaya bahwa besok semua itu takan tejadi, itu namanya beriman pada hal gaib, tentunya degan kerja keras dan doa, begitu,!! ahh itu mah gk mungkin! ini artinya kita gk percaya pada hal gaib tadi, begitu bung! mengapa Qur”an sediri tdk menjelaskan penjelasan seperti ini,? nah inilah kehebatan alqur”an. salah satu teknik ALLOH utk menjaga qur”an. Kl dijelaskan penjelasannya seperti ini Qur”an ini sudah habis di bakarin sama musuh2 islam. Makanya Qur”an di peruntukan bagi orang2 yg beraqal, sudah dulu yah! wasalmam.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: