Mencari Cinta-Nya

I have face it, life wasted, i am never going back again

Mari, Maafkan Pak Harto

Posted by aricloud pada Januari 31, 2008

Pemimpin besar itu telah tiada. Hampir seluruh rakyat Indonesia berbela sungkawa. Selama 32 tahun H.M. Soeharto memerintah negeri, tentu banyak kenangan mendalam bagi bangsa Indonesia, kenangan saat melihat beliau secara langsung maupun melalui radio atau televisi. Kenangan baik, manis, pahit maupun sakit.
Berbagai obrolan tentang Pak Harto pun menjadi pemandangan sehari-hari baik di kantor. Ada yang memuji, ada yang mencaci, ada juga yang bersikap biasa saja.

Ada yang mengatakan “Soeharto itu sangat berjasa bagi bangsa Indonesia, berbagai kemajuan Pembangunan telah dilakukan di zaman Soeharto.”

Yang lain menimpali “Ya tentu saja, masak selama 32 tahun berkuasa tidak melakukan apa-apa? Presiden yang lain pun melakukan pembangunan…”

Diskusi yang menarik lain adalah tentang “Apakah kita harus memaafkan Pak Harto?”

Menurut saya, sebagai bangsa yang sebagian besar Muslim, kita perlu berbesar hati dengan memaafkan segala kesalahan Pak Harto. Hal ini penting, mengingat agar beban Pak Harto tidaklah berat di Akhirat. Sehingga beliau bisa mendapat ampunan dari Allah SWT.

Lalu muncul pertanyaan, apakah dengan memaafkan Pak Harto, lalu proses hukum ditinggalkan? Tentu saja tidak. Justru dengan adanya proses hukum yang baik dan bermartabat diharapkan juga dapat men\ringankan beban Pak Harto di Akhirat.

Jadi, proses Memaafkan, adalah bagian dari upaya dan do’a kepada Allah agar Pak Harto diterima di sisi-Nya dengan baik dan memperoleh ampunan. Sedangkan Proses hukum, adalah bagian keduniawian yang tetap perlu dilaksanakan sebagai itikad dari negara hukum yang memiliki aturan dan konsekuensi dunia. Karena bagaimanapun kasus-kasus yang akan diproses pasti juga akan melibatkan kroni-kroni yang notabene masih hidup. Sehingga para pelaku KKN terkait tidak berlindung pada ”Dimaafkannya Pak Harto” dari proses hukum. Selain itu, melalui proses hukum, maka Hutang Piutang Pak Harto di dunia akan menjadi lebih jelas, baik kepada negara maupun kepada masyarakat.

Hutang piutang tersebut jika mampu diperjelas, maka dapat diwakilkan penunaiannya oleh para ahli warisnya.

Bagaimana menurut Anda?

7 Tanggapan to “Mari, Maafkan Pak Harto”

  1. Anonim said

    Betul…Pak harto mana bisa lagi diadili, wong dah beda dunia
    yang harus diadili tuh kroni-kroninya..berikut nak-kanaknya..
    MERDEKA !!

  2. Eddie said

    Pak harto itu adalah Pemimpin yang Luar Biasa, mengapa?
    lho..kenyataan bahwa dia mampu berkuasa 32 Tahun sudah lebih dari cukup untuk membuktikan bahwa dia Pemimpin Luar Biasa.
    MERDEKA juga..!

  3. agorsiloku said

    Maafkanlah… tiada manusia yang tidak keliru… kalau memang Pak Harto bersalah sebagai pemimpin bangsa kepada bangsanya. Jelas tampak bahwa Pak Harto adalah pemimpin besar. Bahkan Pak Harto juga berkata kalau memang ada harta “haram”nya, silahkan ambil. Bahkan surat kuasa pun dibuat oleh Beliau semasa hidupnya. Hanya saja kita tidak berani mengutak atiknya….. Padahal beliau merelakannya. Kalau mau menyelesaikan kesalahan Pak Harto (bila ada dalam hukum dunia), tentu (insya Allah) meringankan juga beban beliau di akhirat…..

  4. FE Herk's Bird said

    Assalam…
    Orang yang mau memaafkan kesalahan orang lain adalah orang yang berjiwa besar. Bahkan Rasulullah SAW sendiri mencontohkan demikian, semenderitanya beliau akibat perlakuan yang tidak manusiawi dari kaum kafir quraisy pada waktu itu, apa yang beliau lakukan?hanyalah tersenyum seraya mendoakan supaya orang yang menganiaya beliau diberikan hidayah karena mereka belum tahu dan supaya dosa-dosanya diampuni. Well, hebat bukan.Inilah Dinul Islam yang hakiki.Berkaca dari kasus pak Harto, tidaklah salah apabila kita juga mencoba untuk berusaha memaafkan beliau yang telah berpulang ke Rahmatullah mendahului kita karena memang segala pertanggung jawaban duniawi sudah selesai.Toh, kalaupun luput dari dunia tetap ada pertanggung jawaban ukhrowi. Kita juga wajib mendoakan beliau, karena selama hidupnya beliau sudah memberikan yang Terbaik bagi bangsa ini.Sekian…
    Wassalam..

  5. agung nur fauzi said

    yup maafkanlah
    liat ke depan aja, jangan dendam

  6. gayuh said

    terima kasih pa harto anda memimpin dengan baik se4lama 30 tahun ,tapi tidak seharusnya anda seperti itu? saya terima itu yang sudah berlalu biarkan lah berlalu,dan mungkin masih banyak masyarakat indonesia yang belum bisa menerimanya?mari ciptakan semangat baru!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!untuk negeri.

  7. bayu said

    namanya manusia pasti ada baik-buruknya…
    yang baik kita ambil yang buruknya buang jauh-jauh..

    mari bersama-sama kita memaafkan bapak soeharto dan damailah Indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: