Mencari Cinta-Nya

I have face it, life wasted, i am never going back again

Kartun Pelecehan Nabi Muhammad saw, Bagaimana Sikap Kita?

Posted by aricloud pada Februari 25, 2008

Saya sangat tertarik membaca diskusi postingan dari mas agor di : Kartun Nabi; Bagaimana Sikap Ummat Islam ? Agar terdokumentasi dalam blog ini, maka saya masukkan komentar saya di blog ini.

Bukan sekali  dua kali karikatur atau kartun pelecehan nabi Muhammad saw dan Agama Islam terjadi. Namun apakah semua itu akan berakhir apabila kita meluapkan emosi dengan membalasnya dengan aksi serupa atau ancaman terhadap pembuatnya, atau sikap permusuhan, atau demonstrasi berlebihan?

Saya bukannya tidak setuju dengan sikap tegas terhadap para penghina tersebut, namun saya ingin mengutarakan beberapa hal:

Sebenarnya, sikap Barat yang seperti itu dapat disebabkan beberapa hal utama :

1. Doktrin agama mereka sendiri.

2. Ketidaktahuan mereka akan akan agama Islam.

3. Informasi dan cerminan yang salah dari umat Islam itu sendiri.

Pembahasan :

1. Untuk nomor 1 ini tidak usah ada pembahasan lagi, karena dalam Al Quran sudah jelas bahwa mereka tidak rela hingga kita mengikuti mereka.

Justru seharusnya sebagai umat yang mengaku penganut “Agama untuk Semesta Alam”, maka umat Islam perlu konsentrasi pada nomor 2 dan 3.

2. Ketidaktahuan mereka akan akan agama Islam.

Sudah jelas, masih banyak manusia di luar sana yang masih belum mengetahui “Agama Islam” secara benar. Hal ini tidak lepas dari kurang giatnya umat Islam itu sendiri dalam menyebarkan informasi tentang agamanya.

Sebagai contoh di Indonesia, kebanyakan buku-buku tentang Islam masih eksklusif, belum ada yang secara khusus memiliki strategi marketing ke umat non-muslim. Kalaupun ada buku-buku “mengenal Islam” justru dikarang oleh orientalis atau penerbit nasrani, yang justru menjerumuskan.

Bayangkan, mana ada orang kristen yang mau beli buku terbitan GIP atau terbitan Robbani Press, misalnya. Baru buka halaman pertama saja sudah ada tulisan Arab. Belum lagi covernya yang eksklusif. Buku-buku terjemahan karangan orientalis seperti karen armstrong, justru malah banyak dibaca orang Islam, bahkan lebih laku dibanding karangan Alm. Nashirudin Al Albany di kalangan umat Islam sendiri.

Sementara buku-buku kristen di taruh di dekat kasir dengan judul “motivasi” dan sampul umum, maka buku-buku Islam di Taruh di deretan “Agama Islam” dengan sampul Islami.

Sementara umat Budha (dengan ikon master Cheng Yen) membuat siaran TV DAAI (baru di jakarta dan medan) dengan konten yang LUAR BIASA bagus dan mendidik dan strategi marketing ke semua kalangan agama, maka dimana TV Islam?

Taruhlah di kemudian hari ada seseorang berkesempatan bikin TV Islam (Amin..) misalnya, tapi namanya TV Al-Madinah, atau TV Al Hurriyah, atau TV Al-Istiqomah, atau TV As Sunnah (dll) maka “dari namanya saja” dijamin umat non-Muslim gak bakal ada yang nonton.

3. Informasi dan cerminan yang salah dari umat Islam itu sendiri.

Ini juga penting, Saya setuju dengan Mas Agor, jika kita menanggapi kasus kartun tersebut dengan emosional apalagi dengan kekerasan, maka bertambahlah Informasi dan cerminan yang salah dari umat Islam itu sendiri.

Orang Barat, memandang negara-negara Arab sebagai negara Islam, namun mereka juga mengetahui kegemaran sebagian besar para Raja-Raja dan petinggi Arab yang doyan berhura-hura, masyarakatnya memiliki tingkat kekerasan tinggi terhadap wanita, dan merebaknya sumber perdagangan obat bius.

Orang Barat, juga memandang Indonesia sebagai negara dengan umat Islam terbesar. Namun mereka juga mengetahui betapa tingginya Tingkat Korupsi, Kolusi dan Tingkat kekerasan antar masyarakat di Indonesia.

Well, kartun nabi itu adalah satu hal, namun kemarahan kita adalah lain hal…

Mereka yang beruntung adalah mereka yang mampu mengambil ibrah dari semua itu dan ibrah tersebut bermanfaat bagi dirinya serta orang lain.

About these ads

50 Tanggapan to “Kartun Pelecehan Nabi Muhammad saw, Bagaimana Sikap Kita?”

  1. agorsiloku berkata

    Nomor 2 dan 3. Itu yang terpenting…
    Betul Mas Ari saya juga mempertimbangkan hal ini. Namun juga, betul yang disampaikan oleh Mas Mustofa dalam komennya, membuat gentar !. Yang jadi titik kombinasi dengan kearifan dan kesabaran dan manajemen komunikasi dalam kasus ini adalah kelemahan manajerial dan taktikal ummat Islam dalam berkomunikasi melakukan syiar Allah.
    Namun, saya percaya, insya Allah ke depan akan semakin bersinar.

  2. Anonymous berkata

    …..

  3. haniifa berkata

    Salam,
    Saya sering membaca buku-buku “orientalis”, tapi Alhamdulillah saya tidak terjerumus sebaliknya menjadi batu ujian, dilain pihak… betul kata mas bahwa Strategi marketing ke umat non-muslim kita yang kurang baik. Atau dengan kata lain kita masih gentar dengan persenjataan mereka (secara ekonomi atau bukan) padahal jika kita melihat sejarah perjuangan awal-awal islam, panji Islam mampu memporak porandakan raksasa Rumawi dan Persia dalam tenggang waktu yang amat sangat singkat.
    Wassalam.

  4. aricloud berkata

    Wa’alaikum salam mas haniifa

    betul mas, jika kita flasback ke belakang, maka alangkah sedihnya hati ini karena begitu jauhnya kondisi kita dengan kejayaan masa lalu.
    postingan ini bukanlah suatu bentuk kemarahan, namun wujud lain dari “kemarahan” pada diri sendiri yang tidak mampu berbuat suatu apa..

  5. Feji berkata

    Salam,

    Saya adalah Non-muslim, (Kristen) sikap anda dalam menghadapi hal ini sangat saya hargai. Jarang sekali saya bisa melihat sikap seperti ini dalam kehidupan sehari-hari. Sikap yang menurut saya intelektual dan gentleman. Saya secara pribadi juga tidak setuju dengan ide “melecehakan” atau membuat sesuatu yang dianggap “menghina” pemeluk agama lain, tapi toh itu pasti akan terjadi, baik yang dilakukan umat Kristen terhadap Islam, Umat Islam terhadap Kristen ataupun antar umat agama yang lain.
    Kejujuran anda dan “Kemauan” anda untuk melihat sisi buruk pemeluk agama anda adalah suatu nilai etika yang sangat tinggi. Kebanyakan muslim yang saya kenal tidak mau menerima keburukan yang dilakukan oleh orang yang seagama dengan mereka dengan berbagai alasan dan dalih untuk menutupinya.
    Saya sangat berharap lebih banyak lagi orang muslim yang bisa seperti anda, memiliki pemikiran yang terbuka dan lebih berdasar pada kasih daripada dendam.

    Salam….

  6. saya heran dengan reaksi saudara2 kita sesama umat muslim segala cara mereka lakukan dan menurut saya itu sudah mencitrakan islam sebagai pemberontak,saya yakin tidak ada manusia sekarang yang mengetahui gambar nabi muhammad yang sebenarnya,jadi kalau ada gambar kartun dan mengakui itu gambar nabi, pasti jelas2 ngawur, yang protes dan memberontak pasti juga ngawur karna secara tidak langsung pasti juga mengira itu gambar nabi yang sebenarnya.mari kita bersikap dan bertindak sesuai contoh2 yang telah dilakukan oleh nabi muhammad,jangan sampai masyarakat islam mengikuti langkah2 setan yang selalu hanya mau membuat kerusakan diatas muka bumi yang sangat dibenci oleh Allah SWT.

  7. VELGA berkata

    biarkan jahanam yang akan menghukum manusia yang menghina kekasih ALLH SWT.

    mereka hanya orang2 sirik terhadap ISLAM yang mungkin sekarang perkembangan nya sedang pesat di berbagai negara.

    yang jelas kita sebagai umat muslim di dunia kita harus mendukung perkembangan islam.

    ALLAHUAKBAR…………………….!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  8. Aku berkata

    Cobalah bercermin pd kasus novel Da vinci code. Sepertinya semakin tua aliran kepercayaan,semakin tinggi tingkat toleransi trhada sesama manusia.coba lihat agama kristen diabad pertengahan di eropa,dan lihat bedanya 1000 thn kemudian.apakah umat Islam perlu waktu 1000 tahun lagi untk bisa menghargai kebebasan berpendapat orang lain? Mngkn benar apa yg dikatakan Geert Wilder, “umat Islam harus menghapus atau mengindahkan ayat2 yg berbau kebencian dlm Al-quran”

  9. Aku berkata

    Aku bergidik mendengar kata ALLAHU AKBAR. Seram rasanya. Kenapa? Karena digabungkan dgn pesan2 kebencian, seperti yg disampaikan saudara Velga, juga sama dgn para anggota FPI dlm penyerangan di Monas dn masih bnyk lg.Sudah saatnya umat islam memperbaiki diri dan beradaptasi dngn perkembangan zaman (skrang bukan abad ke 6 lagi)

  10. anonymous berkata

    Sikap kita?

    Terima aja lah. Bangsat banget sih lu orang. Kalo lu orang menghina2 topik lain gpp. Kalo giliran lu aja uda panas. Bangsat! Ga usa sok suci deh lu. Gitu aja pake marah

  11. buyung kiu berkata

    Guys, hati-hati. Coba lu-lu pade cari pake Google dengan berbagai kombinasi, semisal Muhammad komik wordpress, Muhammad kartun wordpress, dll sebagainya, nanti akan ketemu beberapa dengan menggunakan gambar yang sama. Kayaknya sedang ada usaha untuk pecah-belas. Jangan terpancing. Belum tentu orang itu orang Indonesia, belum tentu juga dia Kristen.

  12. muslimah berkata

    Kebenaran tidak perlu dibela.
    Kebenaran akan muncul sendiri, karena dibela Tuhan ygh hidup.

    dengan meresponi dng kepala panas..semakin membuktikan pandangan thdp islam..adalah islam yg…bla bla bla.

    udah bagusan kita PROTES KERAS ITU TERORIS2 YG ATAS NAMA ISLAM BUNUH ORNG…ATAU ORMAS2 YG ATAS NAMA ISLAM JADI PREMAN.
    ITU YG HARUS DIMUSNAHKAN.OKNUM2 YG MENGOTORI ISLAM (kalo memang islam itu damai, maka hal2 kekerasan harus ditentang habis).

    masa kartun denmark, sedunia protes…sedangkan bom bali…boro2 ada respond yg seheboh kartun tsb.

  13. Dono. berkata

    Ass.wr.wb,pak Ari.
    Mereka mengetahui kebenaran Alquran tetapi lebih menyukai kesesatan itulah perangai kebanyakan manusia.Alquran adalah hidup karena berisikan firman-firman Allah yg hidup kekal.
    Barang siapa yg mengiginkan hidup kekal bacalah dan jika tidak renungkanlah bahwa setiap jiwa akan mati.

    Wassalam.

  14. sabardi berkata

    Untuk yang merasa muslim, tolong kalau memberi komentar kuasai dulu masalah keislaman , kita sebagai umat Islam ada saatnya kita diam dan ada saatnya kita marah. Kalau Nabi Kita dilecehkan, dan perasaan kita adem-ayem saja, introspeksilah, mungkin keimanan kita belum benar. Kalau ada yang melecehkan terus menerus, jangan menjelekkan muslim yang lainnya, tetapi kita harus bersatu dalam satu pendapat yang sama, dan pikiran kita jangan tercampuri oleh pikiran mereka. Giliran kita marah, mereka (non muslim) berargumentasi tentang cinta damai, Islam itu cinta damai, coba baca keseluruhan Al Qur’an dan Hadits, tetapi kalau ada yang menyerang, baik itu berupa opini kitapun harus bisa melawannya. jangan malah berkutat menjelekkan muslim yang lainnya.
    coba kalau ayah/ibu saudara atau anda sendiri dilecehkan, bagaimana reaksi anda?…, apalagi ini Nabi yang kita muliakan.
    dan untuk non muslim, kalau anda ingin mengetahui tentang islam bertanyalah kepada ahlinya, jangan hanya menjelekkan saja tapi tidak paham. Kami punya Iman apapun yang anda pojokkan terhadap kami, tidak sejengkalpun keimanan kami berubah.

  15. nazzala berkata

    bangsatttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttt

    • iswan berkata

      assalam’mu alaikum..
      afwan sblm’a..
      astagfrullah,,
      nabi muhammad SAW tidak pernah mngucapkan perktaan seperti itu..
      mhon ampnlah kpd allah SWT..
      kita blh sja marah tp tidak sprti itu..

  16. MIA berkata

    kenapa orang-orang islam sendiri senang menjelekkan agamanya sendiri.kenapa gak pindah agama saja, islam gak rugi kok. malah orang2 seperti itulah yang mempermalukan islam dihadapan dunia. bikin kotor agama saja.kita semua akan mati bung, dan semua akan ada balasannya.gak mungkinkan Tuhan menciptakan dunia dan isinya dengan sia-sia dan tanpa maksud. gak mungkin dong tercipta makhluk kayak manusia yang lengkap dengan Otak buat mikir, kalo gakda maksudnya. camkan itu. atau perlu mati dulu kali ya biar tau, apa yang disebutkan Al quran itu benar atau tidak. kenapa giliran orang islam panas, satu dunia membahas, kenapa giliran agama lain panas, dianggap wajar. padahal emosi itu milik semua makhluk, baik dia muslim atau bukan. tapi bukankah Allah lebih menyukai orang-orang yang Sabar?. Islam agama yang benar dan bersih. karenanyalah banyak orang yang berusaha mengotorinya. gak heran kok

  17. Heran berkata

    kenapa aku berkata seperti orang jaman dulu ya. kenapa muslimah antusias sekali dengan bom bali ya. anda salah satu yang telanjang disitu???

  18. heran berkata

    masih heran, nazzala kenapa ya???? mengata-ngatai orang atau diri sendiri???sangat berprikebangsatan

  19. dodi berkata

    munafik bilang kayak gitu

  20. agung nur fauzi berkata

    sabarrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrr
    islam memang lagi di coba, kalo mau tidak dilecehkan, islam itu harus kuat, karena gak mungkin yang kuat itu dilecehkan.
    btw mau diakui atau tidak, saat ini islam sedang lemah-lemahnya, karena itu mari kita sama-sama untuk jadi kuat supaya tidak dilecehkan lagi
    islam itu suci, damai, dan segala yg baik lainnya…
    untuk yang bikin kartun, emang gak ada kerjaan lain yg lebih bermanfaat ya, yang menciptakan kedamaian.
    kalo gak bisa bikin orang lain tersenyum, paling tidak jangan bikin orang lain menangis

  21. gayuh berkata

    kalau orang yang seperti itu tidak pantas menjadi seorang muslim,saya bisa mema’lumi kalau mereka yang seperti itu kalau belum mengetahui hukum agama? kita seharusnya sebagai umat beragama seharusnya tidak seperti itu.

  22. gedearyanta berkata

    Makan aja susah…. hubungan sama tuhan adalah sifatnya pribadi. biarkan aja mereka menjelekkan apa, yang penting diri kita tetap memuja Tuhan.

  23. alkirmany berkata

    Mari jalin kebersamaan menumpas dajjal ……!!!

  24. elokcomputer berkata

    setuju mas …. pengenalan Islam itu penting, bnyak yg tidak tau bhwa Islam itu indah … ^_^

  25. abdullah berkata

    teroris yang dianggap pahlawan dan kekerasan berkedok agama,
    itu dah cukup jelas nunjukin bahwa islam itu cinta damai….

    whahahahahahahahahahahahha………………………………..

  26. angga galuh mahendra berkata

    betul mas kita sebagai umat islam seharusnya jangan langsng gegabah memakai kekerasan,,dan kita jangan terlau terpancing,,tetapi apabila sudah mendesak saya ingin mengajukan diri ntk melawan orang barat2 tersebut walaupn memakai kekerasan ….sebenarnya jga orang barat banyak berhtang busi terhasap mat islam salah satunya ilm2 yang asa si sunia sapai sekarang ini……

  27. andre berkata

    menurut saya semuanya itu benar ,,,,,
    tapi gimana dengan tanggapan masyarakat atau agama islam itu sendiri menyikapinya

  28. Anonymous berkata

    orang yang gambar karikaturnya nabi tuh pasti tukang nyolong dan pasti masuk neraka

  29. haniifa berkata

    Assalamu’alaikum,
    Bagi rekan-rekan yang ingin mengetahui lebih jauh sikap umat islam terhadap pelecehan kartun beliau, ada baiknya coba baca:
    http://agorsiloku.wordpress.com/2008/02/23/kartun-nabi-bagaimana-sikap-ummat-islam/

    Wassalam, Haniifa.

  30. aris berkata

    Ya udahlah,gak usah lebai menanggapinya. Islam kan agama kuat. lha wong cuman kayak gitu aja dah marah marah. gak usah terlalu ditanggapi berlebihan,yang pasti kan tuhan pasti membalas kelak. gak usah marah marah. yang penting kita tetep nyembah allah. sampai hari kiamatpun

  31. aris berkata

    please deh… jangan lebai…

  32. elf berkata

    teko hanya mengeluarkan apa yang ada didalamnya.
    sebagai umat islam mari kita tunjukkan kemuliaan islam, baik dalam bertindak maupun berbicara
    janganlah menjadikan ucapan kita sebagai celah umat non-muslim untuk menjelekkan islam.
    mari kita berdakwah dengan lebih santun

  33. [...] juga pelecehan kartun dan bagaimana sebaiknya kita menyikapinya.  Makin ditanggapi, bisa jadi mereka makin senang dan berbahagia karena berhasil mengoyak-ngoyak [...]

  34. Xa Se berkata

    kita buktikan saja dengan tindakan dan prilaku yang islami insya Allah dengan sendirinya mereka sadar akan keagungan Islam. Jangan dengan tindakan yang memprovokasi apalagi membalas dengan cacian, itu malah akan merendahkan derajat kita..fokus saja dengan amal dan ibadah kita.

  35. imatudin berkata

    jangan mudah terprovokasi oleh isu-isu yang tidak dertanggung jawab itu

  36. johan berkata

    Menurut saya tidak usah dibalas dengan kekerasan, cukup dengan tindakan yang serupa, kapan2 kita buat aja kartun yesus sedang menyodimi paus paulus dan para pendeta2nya onani mengelilinginya.

    • Anonymous berkata

      yey,,, sama z dunk kalo kita ngebalas dgn hal searupa, berarti kita juga Bodoh,,,
      memang,,, hal – hal demikian dapat memicu timbulnya perang antar agama, namun disini diperlukan kecerdikan kita bagaimana untuk menanggapi perilaku pelecehan terhadap kita sendiri.
      uTk itu, wahai umat Islam,,, belajarlah yang Giat agar dapat menemuKan cara yang tepat dalam membalas org2 kafir itu…

  37. riang berkata

    kalo boleh nambahin, selain 1, 2, 3, ada juga yang ke 4 yaitu orang2 barat kebanyakan sedari kecil ditanamkan kebencian kepada umat islam (terutama sejarah perang salib). Ditambah lagi dengan propaganda media yang selalu menyudutkan islam. Mungkin ada juga ketakutan orang2 barat terhadap berkembangnya populasi muslimin di barat, yang mungkin 100 tahun mendatang akan menjadi penduduk mayoritas. Sementara itu jumlah penduduk asli menunjukkan kecenderungan berkurang. ini akibat dari gaya hidup yang jauh dari fitrah islam, misalnya seks bebas, adanya gay/lesbi, legalisasi khamr dan judi, dsb.

    Hanya hidayah dari Allah-lah yang membuat sebagian kecil orang2 barat kembali kepada agama fitrah.

  38. Roy Rey berkata

    Numpang comment yah….

    Buat sahabat muslim bersabarlah, ucapkanlah keberatan hatimu dengan kata-kata yang baik.

    Ingatlah ketika Firaun yang kejamnya naudzubillah minzalik, dan ALLAH menyuruh nabi Musa A.S menasehatinya dengan perkataan yang baik.

    Bersikaplah demikian sesungguhnya perkataan yang baik lebih didengar dari pada umpatan dan cacimaki.

    Maafkan perkataan saya bagi yang kurang berkenan.

  39. Anonymous berkata

    diam itu emas.., dan emas itu mhal harganya…

  40. yugo berkata

    kpda smua umat nabi Muhammad….

    mrah itu boleh tetapi jangan sampai kita mencemarkan nama baik islam yang cinta damai..
    kita harus tiru sikap nabi Muhammad SAW yang senantiasa sabar..

    biarlah Allah SWT yang akan membalas orang-orang yang jahat tersebut…

    Amiiinnn….

  41. Anonymous berkata

    ..saya sngat lah kecewa pada orang yang membuat pelecahan dngan tubuh nabi saya,,krna orang yg melecehkan nabi muhammad adalah orang yg tidak knal agama dan tdk bisa mnggunakan situs internet selayaknya orang memakai.

  42. nia berkata

    ..saya sngat lah kecewa pada orang yang membuat pelecahan dngan tubuh nabi saya,,krna orang yg melecehkan nabi muhammad adalah orang yg tidak knal agama dan tdk bisa mnggunakan situs internet selayaknya orang memakai.

    • betty nasution berkata

      orang yg mmbuat video pelecehan nabi muhammad adalah orang2 kafir,,yg tdk mempunyai kerjaan selain menjelek jelek kan agama islam,pdahal islam tdak prnah menjelek jelek kan bangsa atau agama nya

  43. bintang syukran hibatullah berkata

    Apa harus kita balas dengan kartun si gondrong yang gak tau malu…tuhan kok cuma pake kancut..laknatullah itu memang harus dibalas..mari sama-sama kita pikirkan caranya…

  44. Anonymous berkata

    memang benar apa yg anda katakan semuanya saya mendukung

  45. Dack berkata

    kalau Islam Itu damai engak ada Bom,pembunuhan dimana2 kita sudah melihat siapa itu Muhammad…dan anda pun mengenal nya lebih dalam lagi.kita engak usah bertanya ,mari kita jujur,kalau memang dia itu Utusan Olloh engak perlu di bela karena Dia sudah Suci…tinggal kita gimaanaananaan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: